Kompas TV olahraga kompas sport

Piala AFF: Timnas Indonesia Tampil Lebih Baik, tapi Belum Mampu Catatkan Clean Sheet

Kompas.tv - 12 Desember 2021, 20:01 WIB
piala-aff-timnas-indonesia-tampil-lebih-baik-tapi-belum-mampu-catatkan-clean-sheet
Timnas Indonesia tampil lebih baik di laga melawan Laos, tapi masih belum mampu mencatatkan clean sheet di Piala AFF 2020. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan di penyisihan grup B Piala AFF 2020 usai mencukur Laos dengan skor 5-1.

Kelima gol Indonesia dicetak oleh lima pemain berbeda, yaitu Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian, serta Evan Dimas. Sementara satu gol Laos yang bersarang di gawang Garuda dilesakkan oleh Kydavone Souvanny. 

Pada laga melawan Laos pada Minggu (12/12/2021) ini, pelatih Shin Tae-yong melakukan lima perubahan di skuad utamanya dari laga sebelumnya melawan Kamboja. 

Di lini belakang, Ernando Ari tampil sebagai koper utama menggantikan Syahrul serta Rizky Ridho tampil sebagai duet Alfeandra Dewangga di jantung pertahanan. 

Sementara itu, Edo Febriansyah yang di laga sebelumnya tampil sebagai pengganti kini turun sejak awal laga untuk mengisi posisi Pratama Arhan yang cedera. 

Di lini penyerangan, duo Arema FC, Kushedya Yudo dan Dedik Setiawan, menjadi ujung tombak skuad Garuda. 

Pergantian susunan pemain juga dibarengi dengan perubahan taktik yang menjadi lebih sabar dalam membangun serangan. 

Indonesia pun mampu bermain dominan dalam penguasaan bola meski sempat kesulitan membongkar pertahanan Laos yang menumpuk sembilan pemain di belakang. 

Untungnya Timnas mampu mencuri peluang saat Alfeandra Dewangga dijatuhkan di kotak terlarang yang membuahkan tendangan penalti bagi Indonesia. 

Kesuksesan Asnawi menjadi eksekutor penalti membuat Evan Dimas dkk semakin bersemangat mencari gol kedua.

Irfan Jaya pun mampu membawa Indonesia unggul dua gol setelah mampu membelokkan bola ke gawang Laos berkat umpan silang Asnawi. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x