Kompas TV olahraga kompas sport

Max Verstappen Bakal Jadi Juara F1 2021 Jika Dapatkan Hasil Ini di Seri Pamungkas GP Abu Dhabi

Kompas.tv - 11 Desember 2021, 07:33 WIB
max-verstappen-bakal-jadi-juara-f1-2021-jika-dapatkan-hasil-ini-di-seri-pamungkas-gp-abu-dhabi
Pembalap F1 dari tim Red Bull Max Verstappen saat memenangi GP Austria di Sirkuit di Styrian, Minggu (27/6/2021). (Sumber: Twitter @F1)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pebalap Formula 1 (F1) dari tim Red Bull Racing Max Verstappen, memiliki peluang besar untuk menorehkan sejarah baru di gelaran adu jet darat tersebut.

Pada musim 2021 ini, Verstappen berpotensi menjadi pebalap Belanda pertama yang dapat meraih gelar juara dunia F1.

Asalkan, Verstappen mampu menuntaskan seri pamungkas tahun ini, yakni GP Abu Dhabi, dengan hasil yang maksimal.

Dengan memenangi GP Abu Dhabi yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Minggu (12/12/2021) besok pukul 20.00 WIB, titel juara dunia F1 2021 sudah pasti akan menjadi milik Verstappen.

Baca Juga: Jika Juara F1 Musim Ini, Max Verstappen akan Ganti Nomor dari 33 ke 1

Namun, apabila gagal finis di posisi pertama, peluang menjadi jawara dunia F1 musim 2021 itu masih terbuka karena Verstappen hanya perlu tampil lebih baik dari rivalnya, Lewis Hamilton.

Dengan tetap menjaga posisi di depan pebalap dari tim Mercedes itu dalam jajaran delapan besar, Verstappen dapat keluar sebagai juara dunia F1.

Selain itu, andaikan poin yang diraih keduanya di GP Abu Dhabi nanti sama, maka titel juara dunia F1 tetap menjadi milik Verstappen.

Kenapa demikian? Karena, hingga saat ini, Verstappen dan Hamilton bersaing ketat di dua tangga teratas klasemen pebalap F1 2021 dengan koleksi poin yang sama yakni 369,5.

Akan tetapi, Verstappen memiliki catatan kemenangan seri balapan F1 2021 lebig banyak dari Hamilton, yakni sebanyak sembilan kali.

Baca Juga: F1 GP Americas 2021 Makin Panas, Verstappen Acungkan Jari Tengah ke Hamilton

Sementara itu, Verstappen tampak begitu optimis dengan penampilannya di GP Abu Dhabi nanti, saat mengikuti Red Bull Open Media Session pada Kamis (9/12/2021) kemarin.

"Jelas bahwa tujuan saya adalah selalu datang ke Red Bull dan mencoba meraih gelar juara dunia (F1)," kata Verstappen, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/12/2021).

Verstappen mengaku, dirinya sudah menargetkan juara dunia F1 sejak naik kelas dari tim satelit Toro Rosso ke Red Bull pada Mei 2016, bertukar tempat dengan Daniil Kvyat.

"Ketika Anda punya kesempatan bergabung dengan Red Bull, tim yang memiliki empat gelar juara, tujuannya adalah memenangi titel. Tujuannya selalu ke sana," tegas Verstappen.

Setelah Sebastian Vettel, Verstappen berambisi menjadi pebalap kedua Red Bull yang menyabet titel juara dunia sekaligus yang pertama bagi Belanda.

"Saya punya banyak teman dan keluarga (dari Belanda). Teman-teman mengharapkan saya untuk menang, menjadi pebalap Belanda pertama yang juara," ujar pebalap 24 tahun itu.

"Jelas ini menjadi momen yang lebih spesial bagi kami secara umum. Pada akhirnya kami harus membalap, saya akan memberikan segalanya untuk menang," tandasnya.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x