Kompas TV olahraga kompas sport

Pengakuan Eks Barcelona: Ronald Koeman Membohongi Saya!

Kompas.tv - 10 Desember 2021, 03:35 WIB
pengakuan-eks-barcelona-ronald-koeman-membohongi-saya
Pemain anyar Leeds United dari Barcelona, Junior Firpo. (Sumber: leedsunited.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

LEEDS, KOMPAS.TV - Keburukan Ronald Koeman selama melatih Barcelona kembali diungkapkan oleh mantan anak asuhnya yang kini bermain untuk Leeds United, Junior Firpo. 

Firpo merasa Koeman selalu mengingkari janji dan sering melihat tidak menghargai beberapa pemain utama Barcelona. 

Pemain yang berposisi sebagai bek sayap bergabung dengan Barcelona dari Real Betis pada Agustus 2019. Semenjak itu, Firpo telah main sebanyak 41 kali di lintas ajang, serta mencetak dua gol. 

Namun, menit bermain Firpo mulai berkurang semasa Koeman menangani Barcelona untuk musim 2020-21. Hingga akhirnya, Firpo harus pindah ke Leeds United pada musim panas kemarin. 

Kini, Firpo telah bermain sebanyak 13 kali di lintas kompetisi bersama The Whites. 

Baca Juga: Baru Sehari Pimpin Barcelona, Xavi Pecat Dua Staf Pelatih Era Ronald Koeman

“Saya meminta penjelasan kepada Koeman mengapa saya tidak bermain sampai suatu hari dia mulai berbohong kepada saya,” kata Firpo kepada SER Catalunya.

“Pada saat itu, ketika pelatih mulai berbohong kepada Anda, Anda menyadari bahwa mereka menyesatkan Anda… Mengapa terus meminta penjelasan jika pada akhirnya mereka akan menyesatkan Anda lagi dan lagi?

“Dia berbohong kepada saya karena dia mengatakan hal-hal yang tidak masuk akal, bahwa saya berlatih dengan buruk, mencemari grup. Hal-hal seperti itu. Anda dapat bertanya kepada siapa pun di klub saat itu dan mereka akan setuju dengan saya."

Baca Juga: Klarifikasi Miralem Pjanic Usai Dituduh Rayakan Pemecatan Ronald Koeman

Bek Leeds menambahkan, Koeman malah sering absen ketika sesi latihan tim dan lebih kerap dijumpai hanya duduk di kantornya. 

"Ada kurangnya rasa hormat, tidak hanya untuk saya tetapi untuk pemain lain. Saya tidak akan pernah mengerti bahwa, setelah pertandingan, ketika pemain pengganti berlatih pada hari berikutnya, Koeman tetap di kantornya saat kami berlatih," sambung mantan pemain U21 Spanyol.

“Jika saya harus menunjukkan kepada Anda bahwa saya pantas bermain dan Anda tidak memilih saya… satu-satunya cara saya bisa menunjukkannya adalah dalam latihan. Ketika seluruh tim berlatih, itu lebih sulit, ada lebih banyak dari kami, kami melakukan latihan cepat dan mereka lelah setelah sebuah laga."

"Hari di mana saya harus membuktikan bahwa saya harus bermain dan ingin bermain adalah hari setelah pertandingan ketika pemain pengganti berlatih keras ... dan pelatih malah tidak ada di sana," tandasnya.

Namun, kini Koeman sudah dipecat oleh Barcelona. Mantan kapten Blaugrana, Xavi Hernandez menjadi pengganti Koeman. 

Kendati demikian, performa Barcelona juga belum kembali ke arah yang lebih baik. Teranyar, mereka gagal lolos ke 16 besar Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 2000-01.

Baca Juga: Barcelona Tidak Lolos ke Fase Gugur Liga Champions, Xavi: Saya Marah dan Malu!

 



Sumber : SER Catalunya


BERITA LAINNYA



Close Ads x