Kompas TV olahraga kompas sport

Kylian Mbappe Samai Rekor 63 Tahun Timnas Prancis

Kompas.tv - 14 November 2021, 15:59 WIB
kylian-mbappe-samai-rekor-63-tahun-timnas-prancis
Kylian Mbappe berhak membawa pulang bola usai mencetak quattrick dalam partai lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Kazakhstan, Minggu (14/11/2021) dini hari waktu Indonesia. (Sumber: Michel Euler/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

PARIS, KOMPAS.TV - Timnas Prancis sukses lolos ke Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup D kualifikasi usai membungkam Kazakhstan, Minggu (14/11/2021) dini hari waktu Indonesia. Skuad Les Bleus menang telak 8-0.

Penampilan gemilang dalam laga Prancis vs Kazakhstan membawa Kylian Mbappe menyamai rekor Les Bleus yang telah berusia 63 tahun.

Dalam partai di Stadion Parc des Princes tersebut, Mbappe menjadi bintang kemenangan Prancis. Striker Paris Saint-Germain itu memborong empat gol alias quattrick.

Mbappe hanya butuh 32 menit untuk menyarangkan trigol ke gawang Stas Potakilov. Hattrick-nya membawa Prancis unggul 3-0 di babak pertama.

Pada babak kedua, dwigol Karim Benzema, satu gol Adrien Rabiot, serta penalti Antoine Griezmann memperbesar keunggulan tuan rumah. Laga ini pun ditutup gol Mbappe sekaligus melengkapi quatrrick-nya.

Baca Juga: Ibrahimovic kepada Mbappe: Ingin Jadi Pemain Terbaik Dunia? Berdarahlah dan Jalan di Atas Api

Kylian Mbappe menjadi pemain Timnas Prancis pertama yang sukses mencetak quattrick sejak 1958. 

Sebelumnya, penggawa Les Bleus terakhir yang sanggup mencetak quattrick bagi timnas adalah Just Fontaine. Eks penyerang Stade de Reims tersebut melakukannya di Piala Dunia 1958.

Di partai perebutan tempat ketiga Piala Dunia 1958, Prancis sukses mengandaskan Jerman Barat. Fontaine menjadi bintang kemenangan 6-3 Prancis dengan mencetak quattrick.

Mbappe sendiri mengaku senang bisa mencetak quattrick ke gawang Kazakhstan. Baginya, yang terpenting adalah Timnas Prancis sudah dipastikan lolos ke Qatar 2022.

“Yang paling penting adalah kualifikasinya. Dalam skuad, sudah banyak pemain yang pernah merasakan Piala Dunia. Namun, bagi yang pernah pun, adalah mimpi untuk bermain di sana untuk kedua kalinya,” kata Mbappe dikutip Goal.

“Malam ini saya pikir orang-orang bersenang-senang jadi kami juga. Kami menghormati lawan hingga akhir dan itulah yang membuat skornya begitu besar,” imbuhnya.

Baca Juga: Cedera Paha, Paul Pogba Absen Bela Timnas Prancis


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x