Kompas TV olahraga kompas sport

Jadi Tempat Digelarnya Upacara Pembukaan PON XX Papua, Apa Saja Fasilitas di Stadion Lukas Enembe?

Kompas.tv - 2 Oktober 2021, 12:31 WIB
jadi-tempat-digelarnya-upacara-pembukaan-pon-xx-papua-apa-saja-fasilitas-di-stadion-lukas-enembe
Foto udara Stadion Lukas Enembe jelang pembukaan PON Papua di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. (Sumber: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Stadion Lukas Enembe akan menjadi tempat utama digelarnya upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. 

PON XX Papua 2021 sendiri dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (2/10/2021) sore.

Stadion Lukas Enembe memiliki kapasitas lebih dari 40.000 penonton. Tetapi, kurang dari 10.000 orang yang bakal hadir dalam upacara pembukaan ini. 

Mengutip Indonesia.go.id, Stadion Lukas Enembe awalnya bernama Stadion Papua Bangkit. Nama Lukas Enembe sendiri diambil dari nama Gubernur Papua saat ini yang dinilai berjasa dalam membuat Papua sebagai tuan rumah PON XX. 

Baca Juga: Ini Deretan Artis yang akan Meriahkan Opening Ceremony PON XX Papua 2021

Berdiri di atas tanah seluas 13 hektare, pembangunan Stadion Lukas Enembe dimulai pada tahun 2016 silam. Lebih dari 900 pekerja terlibat dalam proyek ambisius ini. 

Biaya pembangunannya berasal dari APBD Provinsi Papua yang mencapai Rp1,3 triliun. Stadion tersebut telah diresmikan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe pada 23 Oktober 2020 silam. 

Lokasinya terbilang strategis. Stadion Lukas Enembe terletak di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Dari Bandar Udara Sentani, stadion ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 16 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat. Stadion Lukas Enembe juga hanya berjarak 15 kilometer dari Rumah Sakit Yowari. 

Fasilitas stadion sudah berstandar internasional. Lapangannya menggunakan rumput sesuai rekomendasi FIFA, Zoysia Matrella (Linn) Merr. Mirip rumput Stadion Gelora Bung Karno. 

Baca Juga: PON XX Dibuka Presiden Jokowi Sore Ini, Polri: Situasi Papua Kondusif

Pencahayaannya pun mengunakan LED berteknologi DMX besutan Phillips yang bisa mengikuti ritme musik dengan power 1.800 lux. Selain itu, papan skor digital dan perangkat audio didatangkan dari luar negeri.

Sedangkan lintasan larinya bersertifikasi kelas 1, standar Federasi Atletik Internasional (IAAF). 

Dengan teknologi standar internasional dan fasilitas-fasilitas modern lainnya, Stadion Lukas Enembe bahkan dapat dipakai untuk menggelar kegiatan olahraga sekelas Olimpiade. 

Pada 2019 silam, Stadion Lukas Enembe masuk nominasi stadion terbaik dunia 2019 versi media daring Polandia, StadiumDB.com

Baca Juga: Pertandingan eSport PON XX Sukses, Kini Catat Sejarah Baru!

 



Sumber : Kompas TV/indonesia.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x