Kompas TV nasional update

Pertandingan eSport PON XX Sukses, Kini Catat Sejarah Baru!

Kompas.tv - 2 Oktober 2021, 08:24 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Ekshibisi eSport atau electronic sports di Pekan Olahraga Papua berlangsung sukses. Pertandingan yang berlangsung 21-26 September ini mencatat sejarah baru setelah masuk untuk pertama kalinya ke dalam daftar cabang olahraga PON. Selanjutnya eSport berpeluang dipertandingkan secara resmi pada pekan olahraga ke 21 pada 2024.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah pekan olahraga, eSport coba dipertandingkan dengan lebih dulu menjadi laga ekshibisi pada PON ke 20 di Papua. Sebanyak empat kategori pertandingan yang terdiri dari PUBG, Free Fire, Mobile Legends dan Pro Evolution Soccer dipertandingkan. DKI Jakarta, Papua dan Papua Barat menjadi provinsi yang meloloskan atletnya ke seluruh kategori pertandingan.

Dari hasil pertandingan yang telah digelar pada 21-26 September, DKI Jakarta berhasil merebut medali emas dari kategori PUBG. Medali perak menjadi milik Papua Barat sementara Sulawesi Utara di tempat ketiga.

Di kategori Mobile Legends, Kalimantan Barat merebut emas setelah mengalahkan Jawa Tengah di partai grand final. Sementara medali emas Free Fire dibawa pulang tim Sulawesi Tenggara setelah mencatat skor akhir 125.

Baca Juga: PON XX Papua Siap Dibuka Presiden

Suksesnya ekshibisi eSport di PON Papua mendapat apresiasi dari Ketua Umum KONI, Marciano Norman. Esportpun berpeluang besar untuk masuk secara resmi ke dalam daftar cabang olahraga pada PON ke 21 di Aceh dan Sumatera Barat. 

Esport di PON Papua memang bertujuan menggali potensi besar dari industri eSport Indonesia. Melalui PON ke 20, kekuatan eSport kini mulai tebaca. Pulau Jawa tak lai mendominasi kekuatan eSport. Para penggila eSport di provinsi lain mulai menunjukkan kehebatan mereka. Ini terbukti dari hasil perolehan medali pada PON Papua.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x