Kompas TV olahraga kompas sport

Sempat Terjebak Kudeta di Guinea, Kini Achraf Hakimi dkk Sudah Aman di Maroko

Kompas.tv - 6 September 2021, 13:36 WIB
sempat-terjebak-kudeta-di-guinea-kini-achraf-hakimi-dkk-sudah-aman-di-maroko
Achraf Hakimi resmi bergabung ke Paris Saint-Germain (PSG) dari Inter Milan dan dikontrak hingga tahun 2026. (Sumber: Paris Saint-Germain)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

CONAKRY, KOMPAS.TV - Tim nasional (timnas) Maroko yang diperkuat Achraf Hakimi sempat terjebak kudeta di Guinea saat akan melakoni laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CAF (Afrika). 

Laga Guinea vs Maroko yang seharusnya dimainkan di General Lansana Conte Stadium, pada Senin (6/9/2021) harus dibatalkan, menyusul keadaan yang tidak kondusif. 

Menurut laporan AFP, kudeta yang dilakukan pasukan khusus militer ini terjadi sejak Minggu (5/9/2021) waktu setempat. 

Sebab utama kudeta sendiri adalah perubahan konstitusi oleh dilakukan Presiden Guinea, Alpha Conde yang membuatnya kembali menjadi presiden terpilih selama tiga periode beruntun. 

Baca Juga: Kudeta di Guinea Usai Alpha Conde Ubah Konstitusi Jadi Presiden Tiga Periode

Situasi tersebut membuat timnas Maroko yang tiba di Conakry pada Minggu (5/9) untuk melakoni laga Kualifikasi Piala Dunia kontra tuan rumah Guinea, terjebak di situasi mencekam. 

Pelatih timnas Maroko Vahid Halihodzic menyebut timnas Maroko yang diisi nama-nama seperti bintang Paris Saint-Germain (PSG) terjebak di hotel, ditemani suara-suara senjata api. 

"Kami di hotel, suara tembakan terdengar dekat sepanjang hari. Kami menunggu izin untuk ke Bandara, untuk saat ini kami terdampar," sebut sang pelatih kepada The Athletic. 

"Kami sudah ditunggu pesawat, tetapi belum mendapat izin. Untuk ke bandara sendiri membutuhkan setidaknya satu jam perjalanan." 

"Ketika Anda mendengara suara tembakan di luar, tidak ada jaminan aman 100 persen. Saya berharap kami kembali ke Maroko sebelum hari berganti," ujarnya. 

Terkini, skuad timnas Maroko beserta staf pelatih berhasil dievakuasi dan telah kembali ke negaranya. 

Bintang timnas Maroko yang bermain untuk PSG, Achraf Hakimi mengonfirmasi hal tersebut pada Senin (6/9) pagi waktu Indonesia. 

Melalui akun Twitter resminya, Hakimi mengucapkan rasa syukur bisa kembali ke negaranya dengan selamat. 

"Terima kasih semua atas pesan dan dukungannya. Ini adalah hari yang sangat berat. Terima kasih Tuhan, kami aman dan sehat di Maroko. Selamat malam. Alhamdulillah," tulis Hakimi. 

 



Sumber : The Athletic


BERITA LAINNYA



Close Ads x