Kompas TV olahraga kompas sport

Indonesia Lampaui Target di Paralimpiade 2020, Andi Herman: Ini Prestasi Luar Biasa yang Inspiratif

Kompas.tv - 5 September 2021, 15:18 WIB
indonesia-lampaui-target-di-paralimpiade-2020-andi-herman-ini-prestasi-luar-biasa-yang-inspiratif
Kontingen Indonesia raih sembilan medali dalam ajang Paralimpiade 2020 di Tokyo jumlah itu melebihi target dan merupakan prestasi yang luar biasa. (Sumber: Dok. NPC Indonesia)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

TOKYO, KOMPAS.TV - Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Andi Herman menyatakan medali yang didapatkan dalam ajang Paralimpiade 2020 di Tokyo melebihi target dan merupakan prestasi yang luar biasa.

Perlu diketahui, sebelumnya Andi Herman pada Selasa (24/8/2021) menyatakan kontingen atlet difabel yang berangkat ke Tokyo memiliki target raih lima medali.

“Jadi hasil ini merupakan prestasi yang luar biasa karena mampu melebihi target awal yang kita tetapkan sebelum berangkat ke Paralimpiade 2020,” kata Andi Herman dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas TV, Minggu (5/9/2021).

Melebihi dari target, dari hasil klasemen terakhir Indonesia telah berhasil menyabet sembilan medali dalam ajang olahraga multicabang dunia di Tokyo.

Adapun rinciannya, medali yang telah diraih kontingen Indonesia, yaitu dua emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Andi menerangkan, dua emas disumbang oleh Leani Ratri Oktila/Hary Susanto dan Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah.

Keduanya merupakan kemenangan dari cabang olahraga (cabor) para-badminton ganda campuran dan ganda putri.

Baca Juga: Hary/Leani Raih Medali Emas Bulu Tangkis Ganda Campuran di Paralimpiade 2020

Sementara itu, tiga medali perak merupakan sumbangan dari Leani Ratri Oktila yang berhasil unggul di laga single putri cabor para-badminton.

Lalu, Dheva Anrimusthi cabor para-badminton  nomor tunggal putra kategori SU5 serta Ni Nengah Widiasih dari para-powerlifting kelas 41 kg putri.

Sedangkan empat perunggu disumbang oleh Suryo Nugroho dari para-badminton tunggal putra Standing Upper 5.

Lalu, David Jacobs dari para-tenis meja kelas 10, Saptoyogo Purnomo dari para-atletik nomor lari 100 meter T37 putra, dan Fredy Setiawan dari para-badminton nomor tunggal putra SL4.

Hary Susanto/Leani Ratri Oktila raih medali emas dalam cabang olahraga bulu tangkis ganda campuran di ajang Paralimpiade, Tokyo, Minggu (5/9/2021). (Sumber: Twitter Badminton Talk)

Emas yang semula ditargetkan bisa meraih satu, kata Andi pihaknya berhasil membawa pulang dua berkat Ratri dalam para-badminton ganda campuran dan ganda putri.

Capaian tersebut dinilai Andi sebagai raihan prestasi yang luar biasa bagi bangsa juga bagi NPC yang berjuang di Paralimpiade

“Raihan emas kedua bagi kontingen Indonesia ini bukan saja prestasi luar biasa bagi bangsa Indonesia tetapi juga merupakan sebuah sejarah bagi NPC Indonesia yang meraih medali di Paralimpiade,” jelasnya.

Bahkan, sembilan medali yang berhasil diraih para atlet difabel mampu membuktikan bahwa atlet Indonesia bisa berprestasi di kancah dunia.

Baca Juga: Ganda Putri Bulutangkis Raih Medali Emas di Paralimpiade Tokyo 2020, Puan: Kebanggaan Indonesia

“Selain perjuangan yang berat dari pemain Indonesia tetapi hasil ini juga memberikan inspirasi bagi kita bahwa atlet Indonesia bisa berprestasi di kancah dunia,” pungkasnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x