Kompas TV olahraga kompas sport

Penjelasan Mabes Polri Terkait Liga 1 yang Belum Tentu Bergulir Mulai 27 Agustus

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 23:53 WIB
penjelasan-mabes-polri-terkait-liga-1-yang-belum-tentu-bergulir-mulai-27-agustus
Logo BRI Liga 1 Indonesia 2021-2022 yang resmi diluncurkan Kamis (12/8/2021). (Sumber: KompasTV/Ant)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepastian kompetisi Liga 1 2021-22 yang akan bergulir mulai 27 Agustus mendatang kembali dipertanyakan. 

Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) memberi isyarat bahwa tanggal dimulainya kompetisi dapat kembali berubah. 

Sebelumnya, Liga 1 akan mulai digelar pada 20 Agustus. Tetapi, karena adanya PPKM Level 4 karena pandemi virus Corona, waktu penyelenggaraan kembali diundur. 

Federasi sepak bola Indonesia, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi pun sudah mengonfirmasi bahwa Liga 1 akan bergulir mulai 27 Agustus pekan depan. 

Baca Juga: PSSI Pastikan Liga 1 Kick Off 27 Agustus

Namun, fakta di lapangan berbanding terbalik dengan optimisme dari PSSI dan juga PT LIB.

Polri melalui Kadiv Humas, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan pihaknya tidak ingin buru-buru memberikan izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1.

Terlebih, di tengah kondisi PPKM Level 4 yang mayoritas diterapkan di daerah-daerah Jawa-Bali. 

Lain itu, juga ada poin soal Intruksi Menteri dalam Negeri (Inmendagri) dan surat dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) sebelum izin penyelenggaraan kompetisi diberikan. 

“Terkait dengan perizinan Liga 1 dan Liga 2, PSSI dan Kemenpora sudah melakukan permohonan untuk melakukan suatu kegiatan. Tentunya dengan melihat situasi pandemi pada saat ini di beberapa daerah di Jawa-Bali,” kata Irjen Argo Yuwono, dilansir dari akun twitter resmi Kadivhumas Polri, Sabtu (21/8/2021).

"Akan dilakukan pengecekan lebih lanjut dari Inmendagri, apakah ada klausul untuk pelaksanaan Liga. Pada prinsipnya, Polri akan meminta surat dari ketua BNPB selaku yang dikedepankan dalam kegiatan penanganan Covid-19." 

Sebagai catatan, Inmendagri kerap diubah acap kali PPKM kembali diperpanjang. 

Sementara itu, surat rekomendasi dari BNPB sebagai syarat utama PSSI dan LIB untuk menggelar kompetisi, sudah diberikan sejak Rabu (18/8/2021) kemarin. 

Hematnya, kepastian penyelenggaraan Liga 1 2021-22 baru akan diketahui usai evaluasi PPKM level empat pada 23 Agustus mendatang. 

"Kepolisian tidak akan mempersulit. Jika seluruh syarat sudah dilengkapi Polri akan mendukung kegiatan tersebut," tandas Argo Yuwono.

Baca Juga: Format Belum Jelas, LIB Berharap Liga 2 Bergulir Mulai September

 



Sumber : twitter.com/DivHumas_Polri


BERITA LAINNYA



Close Ads x