Kompas TV olahraga kompas sport

Dikecam Ultras Karena Nyanyikan Bella Ciao, Lazio Lindungi Bek Anyarnya

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 10:45 WIB
dikecam-ultras-karena-nyanyikan-bella-ciao-lazio-lindungi-bek-anyarnya
Bek baru Lazio asal Albania, Elseid Hysaj. (Sumber: Bleacher Report)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

ROMA, KOMPAS.TV - Bek anyar Lazio, Elseid Hysaj, mendapat kecaman dari suporter garis keras Biancocelesti karena menyanyikan lagu 'Bella Ciao' yang lekat dengan simbol antifasis di Italia. 

Kontroversi makin menjadi  setelah salah satu gelandang Lazio, Luis Alberto, mengunggah video di media sosial yang menampilkan Hysaj bernyanyi di atas kursi saat melakoni tradisi inisiasi di depan rekan-rekan barunya. 

Masalahnya, lagu yang di pilih adalah 'Bella Ciao', yang mana sudah menjadi lagu wajib kelompok pemberontak antifasis semasa pendudukan Nazi Jerman dan pemerintahan diktator Benito Musolini. 

Baca Juga: Maurizio Sarri Resmi Jadi Pelatih Lazio

Aksi tersebut memancing kemarahan dari ultras Lazio yang punya kecenderungan politik sayap kanan dan tak jarang sering berperilaku rasis. 

Kemungkinan, alasan utama Hysaj memilih lagu tersebut karena sering menonton serial televisi populer asal Spanyol berjudul La Casa de Papel (Money Heist). Dalam serial tersebut, lagu "Bella Ciao" sering dinyanyikan.

Mengetahui hal tersebut, pihak klub berusaha melindungi sang pemain. 

"Sudah menjadi tugas klub untuk melindungi pemainnya dan menghindarkan mereka dari situasi eksploitatif pribadi maupun personal," demikian pernyataan resmi Lazio.

“Dalam hal ini mereka tentu tidak ada hubungannya dengan konteks insiden yang informal dan bersahabat. 

"Pemusatan latihan pramusim harus dilanjutkan dalam keadaan tenang dan dinikmati sebagaimana sudah berlangsung sejauh ini," tulis pernyataan yang sama."

Kontrak Hysaj bersama Napoli telah habis pada 30 Juni silam dan Lazio mendapatkan pemain asal Albania dengan cuma-cuma. 



Sumber : sslazio.it/ football-italia


BERITA LAINNYA



Close Ads x