Kompas TV olahraga kompas sport

Timnas Brasil Protes Copa America 2021, Luis Suarez sampai Cavani Beri Dukungan

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 17:15 WIB
timnas-brasil-protes-copa-america-2021-luis-suarez-sampai-cavani-beri-dukungan
Penyerang Atletico Madrid Luis Suarez merayakan gol. Suarez ikut mendukung skuad timnas Brazil menentang Copa America 2021. (Sumber: https://twitter.com/LuisSuarez9)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

RIO, KOMPAS.TV - Copa America 2021 menuai banyak kontroversi dalam beberapa minggu terakhir. Terbaru, skuad tim nasional Brasil ikut menentang kompetisi itu berlangsung di negara mereka.

Casemiro sebagai kapten skuad Brazil menyebut, seluruh pemain sepakat menentang Copa America di Brasil karena pandemi Covid-19.

Pelatih Brasil Adenor Leonardo Bacchi atau Tite juga ikut memprotes Copa America 2021 di Brasil.

Brasil saat ini adalah salah satu negara yang terkena dampak paling parah dari Covid-19. Hampir setengah juta warga Brasil meninggal dunia karena virus Corona.

Sebab itu, skuad Brasil menentang keputusan pemerintah dan asosiasi sepakbola CBF mengusulkan Brasil sebagai tuan rumah Copa America 2021.

Baca Juga: Skuad Timnas Brazil Putuskan Tak Ikut Main di Copa America 2021

"Bukan hanya saya saja (yang menentang relokasi Copa America 2021), bukan hanya pemain yang bermain di Eropa. Ini kecaman dari semua orang, termasuk pelatih Tite. Semua bersatu," kata Casemiro, usai pertandingan lawan Ekuador pekan ke-5 Kualifikasi Piala Dunia 2022, Sabtu (5/6/2021) pagi waktu Indonesia.

Melansir Marca, protes skuad Brasil ini pun mendapat dukungan dari skuad Uruguay, termasuk pemain-pemain bintang Uruguay, seperti Luis Suarez, Edinson Cavani, dan Fernando Muslera.

“Menjadi perhatianku bahwa Copa America diselenggarakan saat situasi sulit seperti yang kita rasakan saat ini. Kesehatan mesti menjadi prioritas,” kata Luis Suarez, dilansir dari rpp.pe.

Di sisi lain, Sergio Aguero juga ikut mengomentari Copa America 2021 di Brasil. Aguero menyatakan keterkejutannya bahwa tuan rumah turnamen sepak bola tertua itu berubah menjadi Brasil.

Sementara, pelatih Argentina Lionel Scaloni mengakui, Brasil sedang berada dalam kondisi yang tidak ideal untuk menyelenggarakan Copa America 2021.

Baca Juga: 5 Top Skor Sepanjang Masa Copa America, Tiada Nama Lionel Messi

Sebelumnya, tuan rumah Copa America 2021 Kolombia. Tetapi CONMEBOL tak jadi mengadakan turnamen di negara yang sedang mengalami krisis politik itu. 

Argentina pun menjadi pilihan selanjutnya. Namun, negara itu memutuskan mengundurkan diri karena ingin lebih fokus menangani pandemi virus Corona.

Casemiro membeberkan, skuad Brasil akan mendiskusikan penangguhan Copa America 2021 dengan Presiden CBF, Rogerio Caboclo pada 8 Juni 2021.

Akan tetapi, Caboclo baru-baru ini juga terlibat kasus pelecehan seksual pada staf CBF.

Baca Juga: Inggris Kembali Jadi Unggulan di Euro 2020, Harry Kane: Tak Ada yang Ingin Bertemu Kami!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x