Kompas TV olahraga kompas sport

Skuad Timnas Brazil Putuskan Tak Ikut Main di Copa America 2021

Kompas.tv - 4 Juni 2021, 22:42 WIB
skuad-timnas-brazil-putuskan-tak-ikut-main-di-copa-america-2021
Logo Copa America 2021 Argentina-Kolombia. (Sumber: https://news.cgtn.com/)
Penulis : Gilang Romadhan

SAO PAULO, KOMPAS.TV - Tim nasional Brazil memutuskan tidak akan bermain di Copa America 2021 sebagai bentuk kekecewaan relokasi turnamen secara mendadak dan kondisi kesehatan di masyarakat. 

Seperti yang dikabarkan jurnalis Diario AS, Fernando Kallas, kapten Selecao, Casemiro secara konstan telah berhubungan dengan kapten-kapten 9 negara lain untuk memboikot Copa America 2021. 

Copa America 2021 direlokasi ke Brazil setelah Kolombia dicoret CONMEBOL dengan alasan krisis politik, dan Argentina mundur karena ingin fokus menangani pelonjakan drastis kasus virus corona. 

Padahal, jika meninjau statistik dari situs worldometer, Brazil merupakan negara terparah di Amerika Selatan dengan tingkat kematian akibat virus corona yang mencapai 460-an ribu kasus.

Skuad Canarinho, merasa kecewa dengan keputusan CONMEBOL dan Presiden CBF (induk sepak bola Brazil), Rogerio Caboclo.

Casemiro dan kolega merasa dihadapkan kepada situasi di mana para pemain ini tidak peka terhadap krisis yang dialami masyarakat.

Baca Juga: Pelatih Argentina Gelisah Copa America 2021 Dipindah ke Brazil

Lain itu, Copa America 2021 terasa tidak ada urgensi untuk dilangsungkan secepatnya. Pasalnya, ini akan menjadi gelaran Copa America keempat dalam enam tahun terakhir. Padahal, jadwal normalnya adalah empat tahun sekali. 

Para pemain timnas Brazil telah mengungkapkan kekecewaan mereka kepada pelatih Tite dan meminta untuk bertemu langsung dengan Presiden Caboclo. 

Dalam konferensi pers jelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Brazil vs Ekuador, Casemiro mangkir. 

Menurut Tite, absennya Casemiro dalam konferensi pers tersebut adalah salah satu bentuk protes kepada CONMEBOL dan CBF terkait kekecewaan relokasi Copa America 2021. 

Baca Juga: Skuad Brazil Kecewa dengan Relokasi Copa America 2021

"Kami memiliki pendapat jelas [tentang gelaran Copa America], setelah menyimak keseluruhan kronologis urutan kejadian, saya dan staff kepelatihan berbicara kepada presiden Cabocla untuk mengatakan pendapat kami," sebut Tite, dikutip dari AS. 

Teranyar, walikota Rio de Janiero, Eduardo Paes menyatakan bahwa dia tidak melihat keuntungan sama sekali Copa America 2021 dimainkan di Brazil. 

Bahkan, Dinas Kesehatan Kota Rio belum dikonsultasikan dan tidak menutup kemungkinan untuk mencegah pertandingan ditangguhkan, apabila situasi mulai memburuk. 

Rio de Janeiro sendiri merupakan kota yang diwacanakan menjadi lokasi final Copa America 2021. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x