Kompas TV olahraga kompas sport

KSAD Siapkan 2 Opsi Penempatan untuk Aprilia Manganang Setelah Dipastikan Berjenis Kelamin Pria

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 05:00 WIB
ksad-siapkan-2-opsi-penempatan-untuk-aprilia-manganang-setelah-dipastikan-berjenis-kelamin-pria
Aprilia Manganang mengangkat tropi juara Liga Voli Indonesia saat masih aktif sebagai atlet voli. (Sumber: akun Instagram @apriliamanganang_)
Penulis : Rizky L Pratama

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mantan Pevoli Putri Indonesia, Aprilia Manganang yang kini berpangkat Sersan Dua di TNI akan diberikan dua opsi penempatan baru setelah dia dipastikan berjenis kelamin pria.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andi Perkasa yang dikutip dari Kompas.com melansir YouTube Official Inews, Selasa (9/3/2021).

Ini dikarenakan hasil pemeriksaan dari RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta yang menunjukkan bahwa jenis kelamin Aprilia Manganang adalah seorang pria, bukanlah perempuan seperti yang diketahui selama ini.

Baca Juga: Jenderal Andika Perkasa Pastikan Serda Aprilia Manganang Seorang Pria, Punya Kelainan Hipospadia

"Kemungkinan besar kita akan tempatkan pilihannya di perbekalan dan angkutan, atau bahkan di kesehatan. Tergantung passion-nya Manganang ini lebih besar di mana," ujar KSAD dalam konferensi pers di Jakarta.

KSAD sendiri telah memerintahkan Direktur Hukum Angkatan Darat (Dirkumad), Brigjen TNI Tetty Melina Lubis untuk mengurus segala dokumen perpindahan Aprilia.

Tak hanya itu, KSAD juga memastikan seluruh jajarannya akan membantu Aprilia untuk melengkapi semua syarat serta prosedur sebagai warga negara Indonesia.

Baca Juga: Dipastikan Berjenis Kelamin Laki-laki, Ini Profil Serda Aprilia Manganang

Sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

"Sehingga kita berharap Pengadilan Negeri Tondano akan memberikan dan menetapkan perubahan nama, dari nama sebelumnya kepada nama yang nanti akan dipilih oleh Sersan Manganang dan orangtuanya," ujar KSAD.

"Kemudian juga perubahan status jenis kelamin sesuai Pasal 56 dari UU 23 itu," ucap dia.

Sebagaimana diberitakan Kompas.tv sebelumnya, diketahui saat bergabung dengan TNI AD, Aprilia sebagai tercatat sebagai warga negara berjenis kelamin wanita.

Baca Juga: KSAD Jenderal Andika Perkasa Memastikan Serda Aprilia Manganang Berkelamin Laki-laki

Namun, baru-baru ini KSAD Andi Perkasa mengonfirmasi bahwa Aprilia Manganang sebagai seorang pria.

Berdasar hasil pemeriksaan medis di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Andi memastikan bahwa Aprilia Manganang merupakan seorang pria namun sejak lahir mengalami hipospadia.

Hipospadia adalah sebuah kelainan medis dari bentuk kelamin yang sering dialami bayi laki-laki saat lahir.

"Dari hasil pemeriksaan itu, dilihat dari urologi ternyata Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki dan bahkan tidak ada organ internal jenis kelamin wanita," kata KSAD.

Baca Juga: Aprilia Manganang, Eks Pevoli Putri Nasional yang Dipastikan Pria, Masuk TNI Lewat Rekrutmen Khusus

"Kemudian pemeriksaan hormonalnya juga begitu, hormonalnya normal, hormon testoteronnya juga diukur sehingga secara faktual dan ilmiah kita bisa meyakini bahwa Manganang lebih memiliki hormonal yang masuk kategori normal laki-laki," jelas jenderal bintang empat tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x