Kompas TV olahraga kompas sport

Aprilia Manganang, Eks Pevoli Putri Nasional yang Dipastikan Pria, Masuk TNI Lewat Rekrutmen Khusus

Kompas.tv - 9 Maret 2021, 22:30 WIB
aprilia-manganang-eks-pevoli-putri-nasional-yang-dipastikan-pria-masuk-tni-lewat-rekrutmen-khusus
Tangkapan layar video di akun Instagram Aprilia Manganang saat dirinya tengah berlatih gym bersama rekan-rekannya sesama anggota TNI AD. (Sumber: Akun Instagram @manganang92)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Nama Serda Aprilia Manganang, ramai diperbincangkan lantaran TNI AD selaku institusi tempatnya bekerja memastikan bahwa mantan pevoli putri nasional itu adalah seorang pria.

Aprilia Manganang menjadi tentara melalui rekrutmen khusus yang ada di TNI AD.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa terkait alasan TNI AD merekrut Aprilia Manganang pada medio 2016 silam.

Andika mengungkapkan, kala itu TNI AD kepincut dengan segudang prestasi yang ditorehkan Aprilia Manganang melalui dunia bola voli.

Baca Juga: Hasil Pemeriksaan Ini yang Pastikan Eks Pevoli Putri Nasional Aprilia Manganang Seorang Pria

Kepiwaiannya memainkan bola voli bahkan membuatnya menjadi langganan skuad tim nasional (timnas) bola voli putri.

"Itulah kenapa AD saat itu memutuskan merekrut Aprilia dalam program rekrutmen khusus Bintara yang berprestasi dan Aprilia termasuk salah satu yang direkrut jadi Bintara TNI AD," ujar KSAD dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Sebagaimana diberitakan Kompas.tv sebelumnya, diketahui, saat bergabung dengan TNI AD, Aprilia sebagai warga negara berjenis kelamin wanita.

Namun, baru-baru ini KSAD mengonfirmasi bahwa Aprilia Manganang sebagai seorang pria.

Baca Juga: Mantan Pevoli Putri Nasional Aprilia Manganang Dipastikan Pria, KSAD: Dia Bukan Transgender

Hal itu diketahui berdasarkan hasil rekam medis di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Menurut Andika Perkasa, Aprilia Manganang sejak lahir mengalami hipospadia, yakni sebuah kelainan medis berupa bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki saat dilahirkan.

"Dari hasil pemeriksaan itu, dilihat dari urologi ternyata Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki dan bahkan tidak ada organ internal jenis kelamin wanita," kata KSAD.

Aprilia Manganang akhirnya menjalani pemeriksaan di RSPAD Gatot Soebroto sejak 3 Februari 2021. Pemeriksaan meliputi kadar hormon testoteron, urologi, hingga MRI.

Baca Juga: Momen Kapolri Listyo Sigit Temui KSAD Andika Perkasa

"Kemudian pemeriksaan hormonalnya juga begitu, hormonalnya normal, hormon testoteronnya juga diukur sehingga secara faktual dan ilmiah kita bisa meyakini bahwa Manganang lebih memiliki hormonal yang masuk kategori normal laki-laki," tandas jenderal bintang empat tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x