Kompas TV olahraga kompas sport

Aprilia Manganang, Mantan Pevoli Putri Nasional yang Dipastikan Pria, Ini Rekam Jejaknya

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 06:15 WIB
aprilia-manganang-mantan-pevoli-putri-nasional-yang-dipastikan-pria-ini-rekam-jejaknya
Aprilia Manganang mengangkat tropi juara Liga Voli Indonesia saat masih aktif sebagai atlet voli. (Sumber: akun Instagram @apriliamanganang_)
Penulis : Gading Persada | Editor : Ahmad Zuhad

SOLO, KOMPAS.TV- Mantan pevoli putri nasional, Aprilia Manganang menjadi viral lantaran dipastikan berjenis kelamin pria.

Hal itu seperti disampaikan langsung KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa terhadap status dari tentara berpangkat Sersan Dua (Serda) itu.

Disarikan dari berbagai sumber, berikut rekam jejak Aprilia Manganang:

Aprilia Manganang lahir pada 27 April 1992 di Kabupaten Kepulauan Sangihe (Sanger), Sulawesi Utara.

Mengutip Harian Kompas, Senin (28/3/2016), ayah Aprilia yang bernama Akip Zamrud Manganang berjualan minyak di Sangihe dengan penghasilan Rp 400.000 per bulan.

Sedangkan ibunya, Suryati Bori Lano, adalah ibu rumah tangga. Bersama kakaknya, Amasya Manganang, Aprilia turut membantu meringankan beban keluarga dengan berjualan pisang goreng.

Baca Juga: Hasil Pemeriksaan Ini yang Pastikan Eks Pevoli Putri Nasional Aprilia Manganang Seorang Pria

Kampung halaman Aprilia berada di bibir Samudra Pasifik, atau berada di antara Pulau Sulawesi dengan Pulau Mindanao, Filipina.

Dari Kota Manado, perjalanan ke Sangihe bisa ditempuh dengan kapal laut selama satu malam atau 8 jam.

Aprilia Manganang ternyata mengenal dunia volo sejak kecil. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari latar belakang keluarganya, terutama kakaknya, Amasya.

Saat remaja, kakaknya aktif sebagai pelari 100 meter. Sementara, Aprilia lebih gemar bermain basket. Kakaknya menekuni olahraga voli karena sering diminta ikut pertandingan voli antar kampung.

Dia bergabung dengan organisasi ibu-ibu untuk bermain voli. Setiap tampil, Amasya mendapat uang Rp 20.000.

Pada 2011, Amasya tergabung di tim voli LNG Badak dan bekerja sebagai tenaga administrasi di PT Badak LNG.

Melihat kakaknya bermain voli dan menerima penghasilan lumayan, Aprilia tertarik menekuni voli, dan berlatih di klub Alko Bandung.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.