Kompas TV nasional sosial

Puncak Arus Balik Libur Hari Raya Idul Adha Terjadi Minggu 2 Agustus

Kompas.tv - 1 Agustus 2020, 16:13 WIB
puncak-arus-balik-libur-hari-raya-idul-adha-terjadi-minggu-2-agustus
Ilustrasi: situasi lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 2. Mudik gerbang tol (Sumber: Dok. PT Jasa Marga (Persero))
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Puncak arus balik pemudik diprediksi akan terjadi pada hari Minggu (2/8/2020).

Untuk menghindarai lonjakan volume kendaraan para pemudik diimbau tidak memilih waktu yang bersamaan untuk kembali ke Jakarta.

Operation Management dan Maintenance Group Head Jasa Marga, Pratomo Bimawan Putra menjelaskan pada puncak arus balik esok, mayoritas kendaraan yang menuju DKI Jakarta berasal dari arah timur atau berasal dari Jalan Tol Trans Jawa.

Baca Juga: Lonjakan Pemudik Saat Idul Adha, Pemda Harus Antisipasi - ROSI

Menurutnya hampir setengah kendaraan pemudik menuju DKI Jakarta berasal dari Timur. Jika para pengguna jalan terkonsentrasi hanya dalam satu hari, maka potensi terjadinya kepadatan kendaraan d jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta Cikampek II Elevated bakal sangat tinggi.

Terlebih kedua jalan  tol tersebut merupakan akses utama untuk pengendara dari arah Timur menuju wilayah Jabotabek.

"Kami mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta, salah satunya dengan menghindari waktu puncak arus balik pada hari Minggu agar terhindar dari kepadatan," saran Pratomo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/8/2020).

Selain itu, Pratomo juga mengimbau pengusaha angkutan barang/logistik agar dapat menunda kegiatan hingga empat hari libur Hari Raya Idul Adha 1441 H selesai.

Baca Juga: Ramai Warga Mudik Idul Adha, Seolah Lupa Ada Pandemi

Sebab dalam pengamatan PT Jasa Marga (Persero) pada H-1 Hari Raya Idul Adha kemarin, banyaknya kendaraan besar yang mengalami gangguan di lajur sehingga mengakibatkan kepadatan yang cukup panjang.

“Kami imbau agar pengguna jalan dapat memastikan kendaraan dalam keadaan prima sebelum melakukan perjalanan,” ujar Pratomo.

Titik-titik kepadatan yang perlu diantisipasi oleh pengguna jalan yang menuju arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di antaranya pada pertemuan lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek lI Elevated dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah di kilometer (Km) 48.

Kemudian di titik-titik menuju arah tempat peristirahatan pengendara atau rest area.

Baca Juga: Ini Cara Memaknai Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19

PT Jasa Marga terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk dapat memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

“Kami mohon kerja sama pengguna jalan sekali lagi, untuk tidak kembali ke Jakarta dalam waktu yang bersamaan di hari Minggu,” ujar Pratomo.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x