Kompas TV nasional berita kompas tv

Ahli Mikrobiologi: Jamur Enoki yang Tercemar Bisa Menyebabkan Keguguran

Kompas.tv - 26 Juni 2020, 22:01 WIB

KOMPAS.TV - Warga menyayangkan adanya bakteri berbahaya yang terdapat di dalam jamur enoki, hingga membuat jamur ini ditarik dari pasaran.

Pasalnya selain karena rasa jamur enoki yang enak saat diolah sebagai bahan makanan, harga jamur ini juga cukup murah di pasaran.

Guru Besar Mikrobiologi Pangan Departemen  Ilmu dan Teknologi Pangan di Institut Pertanian Bogor, Profesor Ratih Dewanti Hariyadi menjelaskan seberapa bahanya jamur enoki.

Jamur enoki sendiri sebenarnya bisa tidak berbahaya jika tidak tercemar.

Bakteri listeria monoci-togenes sudah diketahui dapat menyebabkan penyakit. Dapat mudah dibunuh dengan pemanasan, namun dapat bertumbuh pada pendinginan.

Dampak jika mengonsumsi jamur enoki yang tekontaminasi bakteri tersebut pada orang dewasa bisa sakit nyeri, otot, demam, diare.

Tetapi untuk mereka yang memiliki imun sistem buruk atau kondisi orang-orang tertentu yang rentan, bisa saja bakteri tersebut masuk ke peredaran darah lalu menyerang selaput otak.

Bagi ibu hamil, walaupun hanya menunjukan gejala flu, bakteribi bisa menembus ke janin hingga mengakibatkan keguguran, stillbirth atau lahir mati, prematur, atau bisa saja lahir dengan infeksi pada selaput otak bayi.

Baca Juga: Berbahaya, Kementan Musnahkan Lebih dari 8.000 Kg Jamur Enoki




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x