Kompas TV nasional berita kompas tv

Cerita Pegawai PLN yang Selamat Tertimpa Pesawat Hawk 209

Kompas.tv - 16 Juni 2020, 01:15 WIB
cerita-pegawai-pln-yang-selamat-tertimpa-pesawat-hawk-209
Pesawat TNI AU yang jatuh di Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin pagi (15/6/2020). (Sumber: ANTARA/HO)
Penulis : Johannes Mangihot

RIAU, KOMPASTV - Abun Abdullah, warga Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau selamat dari kecelakaan jatuhnya pesawat tempur TNI AU.

Ia bersama keluarganya sedang berada di luar saat pesawat jatuh dan menimpa rumahnya. Akibat kecelakaan pesawat milik TNI AU itu sejumlah rumah warga Desa Kubang Jaya rusak. 

Kerusakan paling parah menimpa rumah Abun Abdullah, seorang pegawai PLN yang berdinas di Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Baca Juga: Video Detik-detik Setelah Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Kampar Riau

Abun menjelaskan ia dan keluarga tidak berada di rumah karena sedang berada di Rengat. Biasanya ia bersama isteri dan tiga anaknya pulang ke rumah tersebut pada hari Sabtu, Minggu atau saat libur. Namun saat peristiwa terjadi dirinya tidak pulang ke rumah yang sudah ditempatinya sejak 2011.

"Saya bayangin kalau saya ada di tempat, ya Allah mungkin sudah almarhum. Dan kebetulan minggu ini kami tidak berangkat. Alhamdulillah, itulah yang saya syukuri itu. Saya sekeluarga lagi tidak di situ," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Senin (15/6/2020).

Abun menjelaskan rumah tersebut hanya satu-satunya yang dipunya. Di Rengat, ia menempati rumah dinas.

Ia mendapat kabar tentang insiden itu dari tetangganya, saat dirinya sedang berada di kantor PLN Rengat. Tetangganya menelepon sambil menangis saat mengabari nasib rumah Abun.

Baca Juga: Cerita Saksi Mata Pesawat Jatuh di Riau: Ada Ledakan hingga Pilot Melayang

"Yang kena inforimasinya ada 3 sampai 4 rumah, yang telak di rumah kita. Tapi Alhamdulillah keluarga selamat semua karena tidak di tempat," ujarnya.

Ia mengatakan belum bisa memastikan berapa kerugiannya akibat insiden pesawat tersebut. Abun menjelaskan rumah tersebut awalnya tipe 36, dan telah direhab secara perlahan-lahan hingga berdiri dua lantai, sebelum akhirnya luluh lantah tertimpa pesawat tempur. 

Meski tak berada di rumah tesebut, Ia merasa terguncang atas kejadian itu, terutama sang isteri karena begitu sayang terhadap rumah dua lantai itu.

TNI AU Bertanggung Jawab



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x