Kompas TV nasional berita kompas tv

HKBP di Tasikmalaya dan GPSI Sumber Kasih Mulai Buka Peribadatan

Kompas.tv - 7 Juni 2020, 22:27 WIB
hkbp-di-tasikmalaya-dan-gpsi-sumber-kasih-mulai-buka-peribadatan
Umat kristiani secara perdana melakukan ibadah di Gereja Pentakosta Serikat Indonesia (GPSI) Sumber Kasih di Sangatta Utara, Kalimantan Timur. Para jemaat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (Sumber: TRIBUNKALTIM.CO/DIAN MULIA SARI)
Penulis : Johannes Mangihot

KOMPASTV - Jelang penerapan new normal sejumlah gereja mulai membuka peribadatan. Seperti Gereja Pentakosta Serikat Indonesia (GPSI) Sumber Kasih yang berlokasi di Kampung Tator, Jalan Patimura, Kecamatan Sangatta Utara, Kalimantan Timur dan gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Jalan Merdeka, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kedua gereja ini mulai melaksanakan peribadatan dengan protokol kesehatan. Seperti mengatur jarak antar jemaat, mewajibkan menggunakan masker, memeriksa suhu tubuh jemaat sebelum masuk gereja hingga membatasi jumlah jemaat.

Seperti di HKBP Tasikmalaya, jemaat yang diperbolehkan mengikuti ibadah hanya orang dewasa. Anak-anak dan lansia dianjurkan untuk beribadah secara virtual di rumah. 

Baca Juga: Gereja Katedral Jakarta Belum Buka Peribadatan, Ini Alasannya

"Ini awal kegiatan ibadah di gereja, setelah sekitar dua bulan vakum akibat pandemi Covid-19. Sebelumnya prosesi ibadah dilakukan secara online," ujar Pendeta Gereja HKBP Kota Tasikmalaya, Sukamto Pasaribu, Minggu (7/6/2020). Dikutip TribunJabar. 

Sementara itu, pengurus GPSI Sumber Kasih telah mempersiapkan protokol kesehatan sebelum kegiatan peribadatan kembali diizinkan. Persiapan yang dilakukan seperti memberi jarak antar jemaat, menyiapkan tempat pencucian tangan dan membuat akses satu pintu untuk pemeriksaan suhu tubuh.

Pendeta GPSI Sumber Kasih, Pendeta Matius Rhema Bukka menyatakan sangat bersyukur karena izin kegiatan beribadah sudah dibuka kembali. 

Untuk itu jugalah pihaknya akan memastikan, protokol kesehtan dalam menekan penyebaran virus tetap dilaksanakan dengan baik.

Baca Juga: Bima Arya Tinjau Kegiatan Pertama Gereja di Minggu Pagi

"Selama ini yang pelayan pelayan Tuhan saja yang hadir. Tapi kali ini betul-betul bahwa ini merupakan suatu kegembiraan," ujar Matius.
 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x