Kompas TV nasional berita kompas tv

Detik-Detik Helikopter MI-17 TNI AD Jatuh Terbakar Saat Tactical Manuver

Kompas.tv - 7 Juni 2020, 11:42 WIB
detik-detik-helikopter-mi-17-tni-ad-jatuh-terbakar-saat-tactical-manuver
Helikopter TNI AD jatuh di Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (6/6/2020). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Helikopter MI-17 kecelakaan saat melakukan latihan Tactical Manuver. Helikopter jatuh dan terbakar pada Sabtu (6/6/2020) sekitar pukul 13.40 WIB.

Helikopter milik Penerbang Angkatan Darat (Penerbad) Ahmad Yani Semarang yang mengangkut 9 penumpang tersebut jatuh dan meledak di Kawasan Industri Kendal (KIK), Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.

"Helikopter ini melaksanakan misi latihan terbang endurance kedua dengan materi terbang Tactical Manuver. Sekitar jam 13.40 siang tadi, Helikopter MI-17 ini jatuh," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Nefra Firdaus.

Baca Juga: Ini Kata Angkatan Darat Soal Helikopter MI 17 yang Jatuh di Kendal

Kronologi

Salah seorang saksi bernama Sarwono yang merupakan petugas kontraktor Radikjaya mengatakan, sebelum jatuh, dirinya melihat helikopter itu dari arah barat terbang menurun sekitar pukul 14.20 WIB.

Setelah jatuh ke tanah heli itu lalu terbakar. "Kejadiannya sekitar jam setengah tiga," katanya dikutip dari Kompas.com.

Dia menambahkan, heli tersebut sebelumnya sudah sempat mendarat di lokasi yang tidak jauh dari tempatnya jatuh. Kemudian terbang lagi, tiba-tiba terdengar suara heli jatuh.

Selain itu, ia juga mendengar letusan kecil yang berasal dari korbaran api.

"Gak lama ada beberapa orang dari dalam (helikopter) keluar. Kemudian tim pemadam kebakaran juga datang berhasil dipadamkan," ujarnya dikutip dari TribunJateng.com.

Saat helikopter tersebut meledak, sambungnya, tidak banyak orang yang berada di lokasi kejadian dan tidak ada yang berani mendekat ke sekitar heli nahas tersebut.

Baca Juga: Kondisi Terakhir, Bangkai Helikopter TNI AD Ditutup Terpal Lokasi Kecelakaan Dipasang Garis Polisi

Kondisi Layak Terbang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x