Kompas TV nasional sapa indonesia

Kisah Mahasiswa Jadi Relawan Medis untuk Membantu ODP Corona

Kompas.tv - 12 Mei 2020, 17:01 WIB

KOMPAS.TV - Dua orang mahasiswa di Blitar, Jawa Timur, memilih aktif berkegiatan menjadi relawan tim tenaga kesehatan.

Mereka terpilih menjadi relawan yang bertugas memantau Orang Dalam Pemantauan (ODP),  termasuk membantu membeli kebutuhan bahan pokok yang dibutuhkan ODP . 

Di tengah kesibukan menjalani kuliah online, sejumlah mahasiswa , memilih untuk menjadi bagian dari relawan covid 19 di kota Blitar, Jawa Timur.

Demi kemanusiaan, mereka berinisiatif mendatangi posko relawan di BPBD setempat dan mengajukan diri menjadi relawan untuk ditempatkan di bagian mana pun yang terpenting tenaga mereka dapat membantu meringankan para tenaga kesehatan.

Oleh BPBD setempat, para mahasiswa ini diberi tugas memantau ODP, khususnya mahasiswa jurusan keperawatan yang juga paham untuk membantu menganalisis kondisi kesehatan ODP yang tengah isolasi mandiri di rumah.

Selain membantu mengecek kondisi kesehatan dan melaporkannya ke puskesmas yang menangani, para mahasiswa ini pun memiliki tugas penting lain yakni mengantar sejumlah kebutuhan bagi ODP, lantaran mereka tidak bisa keluar rumah karena tengah isolasi mandiri.

Dalam proses pengiriman makanan ini, ODP yang sedang isolasi diminta mentransfer atau menaruh uang tunainya di gerbang rumah, dengan dibungkus plastik.

Setelah itu, para relawan akan membelanjakan barang-barang sesuai kebutuhan odp, yang telah dikirim melalui pesan whatsapp.

Di kota Blitar sendiri ada labih dari 10 keluarga yang sedang menjalani karantina mandiri.

Menjadi relawan covid-19, para mahasiswa ini tidak dibayar dan mereka juga menolak diberi uang bensin saat membelanjakan kebutuhan para ODP.

Semua dikerjakan dengan tulus dan ikhlas.

Meski sederhana, apa yang dilakukan oleh para mahasiswa ini sangat bermanfaat. Mereka secara tidak langsung membantu untuk menekan penyebaran covid-19.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x