Kompas TV nasional berita kompas tv

Cegah Virus Corona, Jusuf Kalla Tinjau Perakitan Armada Gunner PMI Sebagai Alat Semprot Disinfektan

Kompas.tv - 5 April 2020, 15:21 WIB
cegah-virus-corona-jusuf-kalla-tinjau-perakitan-armada-gunner-pmi-sebagai-alat-semprot-disinfektan
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla saat meninjau langsung proses perakitan armada gunner milik PMI, di PT Cidas, Kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Minggu, (05/04/2020). (Sumber: Dok PMI)
Penulis : Deni Muliya

BOGOR, KOMPAS.TV - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla meninjau langsung proses perakitan armada gunner milik PMI, di PT Cidas, Kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Minggu, (05/04/2020).

Baca Juga: PMI Siapkan 2 Truk Untuk Semprot Disinfektan

Dalam Perakitan itu, PMI tengah merancang dan membuat sekitar 40 armada gunner yang akan digunakan untuk melakukan penyemprotan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, dan Sulawesi. 

“Saat ini sebanyak 5 unit armada gunner telah dioperasikan di wilayah Provinsi DKI Jakarta yang merupakan daerah episentrum pandemi covid-19,” ujar Jusuf Kalla, dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Kompas TV, Minggu (5/4/2020).

Sedangkan sisanya, lanjut pria yang akra disapa Pak JK itu, ditargetkan dua minggu ke depan sudah dapat dioperasionalkan dan didistribusikan ke berbagai daerah lainnya di Indonesia. 

Selain mobil gunner ini, kata JK, PMI juga memiliki 120 unit mobil tangki air, 230 unit mobil pick up dan 30 unit motor tiga roda yg dimodifikasi menjadi kendaraan penyemprotan disinfektan.

Mantan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 itu mengungkapkan bahwa segala upaya yang dilakukan itu merupakan langkah preventif PMI dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Lebih baik kita bersusah-susah sekarang dari pada kita bersusah di rumah sakit atau di kuburan,” tutur JK.

Baca Juga: Jusuf Kalla: PMI Fokus Cegah Corona di Masyarakat Kurang Mampu

Sebelumnya, PMI telah melakukan penyemprotan disinfektan di 131 Kabupaten dan Kota dari 26 Provinsi di Indonesia.

Jumlah titik penyemprotan tersebut sekitar 3.652 lokasi, di mana sebagian besar yang dilakukan penyemprotan disinfektan adalah rumah ibadah, fasilitas pendidikan, pasar, taman, perkantoran dan pemukiman warga.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x