Kompas TV nasional sapa indonesia

Perhatikan 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari dalam Berbisnis dan Bekerja!

Kompas.tv - 9 Maret 2020, 14:54 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

KOMPAS.TV - Sering kali dalam berbisnis ataupun bekerja kita hanya bisnis sekadarnya dan hanya sekadar bekerja.

Seperti di katakan Buya Hamka yg legendaris: "kalau hidup sekedar hidup, babi di hutan juga hidup. Kalau kerja hanya bekerja monyet juga bekerja"

Nah, inilah 5 kebiasaan yg harus dihindari dalam berbisnis dan bekerja serta solusinya agar tidak sekadar hidup dan sekadar bekerja:

1. Tidak fokus manfaat. Hanya fokus untung saja, tidak peduli bawa manfaat atau tidak. Uang adalah alat tukar nilai tambah.

2. Tidak fokus sistemasi. Hanya menjalankan bisnis sehari-hari. Setiap waktu menghadapi masalah yg sama lagi, yang sama lagi.

3. Tidak fokus faktor kali. Semua dikerjakan sendiri maka dampak yg terjadi, manfaat ke masyarakat akan jauh lebih sedikit dibanding bila mampu mendelegasi dan punya faktor kali, seperti membuka cabang yang banyak, karyawan yang produktif, sistem marketing on line yg bisa di akses seluruh dunia.

4. Tidak fokus solusi. Ketika orang dalam berbisnis dan bekerja hanya sibuk bej. Blame, excuse. Justify,enyalahkan, banyak alasan dan membenarkan orang lain lebih hebat, tanpa mau belajar.

5. Tidak fokus inovasi. Yang paling menghambat kemajuan bisnis adalah zona nyaman.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB
Close Ads x