Kompas TV nasional sapa indonesia

Persiapkan Dana Darurat Sebelum Gawat!

Kompas.tv - 7 Januari 2020, 14:48 WIB
Penulis : Edika ipelona

Bergantinya tahun semoga membuat kita semakin semangat untuk mewujudkan berbagai impian dan harapan dan tentunya juga untuk menjadi lebih sejahtera secara finansial.

Dalam kehidupan ini terkadang kita mengalami hal-hal yang tidak diharapkan. Kita sering menyebutnya sebagai musibah. Sudahkan anda memikirkan bahwa ada dana yang perlu disiapkan untuk kebutuhan yang sifatnya darurat? Namanya dana darurat.

Seperti namanya, dana darurat merupakan dana yang dialokasikan khusus hanya untuk keadaan darurat saja. Darurat dalam arti yang sebenar-benarnya. Bukan darurat yang kita buat-buat seolah-olah darurat padahal hanya disebabkan karena kita tidak disiplin. Seperti ketika tiba-tiba kita terkena banjir. Maka untuk pemulihannya, silahkan gunakan dana darurat.
Seberapa pentingkah menyiapkan dana darurat hingga dana darurat menjadi salah satu yang harus dipersiapkan?

Pada dasarnya dana darurat dibutuhkan untuk mengganti pendapatan ketika kita kehilangan penghasilan. Jadi saat penghasilan hilang, maka kita punya gantinya. Dana yang kita miliki biasanya tersimpan di tabungan yang menjadi rekening gaji, belanja, dan investasi sekaligus. Seperti yang baru-baru ini terjadi, hujan besar terus mengguyur wilayah ibu kota dan sekitarnya dalam semalam telah membuat genangan air cukup tinggi yang mengakibatkan aktivitas menjadi terhambat.

Perlu diketahui bahwa dana darurat harus ditempatkan di instrumen yang memiliki kriteria aman, mudah & cepat diakses serta likuid. Seperti tabungan, deposito, emas, reksa dana pasar uang karena kebutuhan darurat merupakan kebutuhan yang  harus segera ditangani. Dengan menyimpan dana darurat berdasarkan instrumen akan memudahkan anda untuk memenuhi kebutuhan darurat dengan cepat.
 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x