Kompas TV nasional berita kompas tv

Diserang Ular? Begini Mengatasinya!

Kompas.tv - 14 Desember 2019, 12:51 WIB
Penulis : Edika ipelona

Serangan ular kobra menimpa seorang pedagang di Pasar Kemiri Muka, Beji, Depok, Jawa Barat. Korban dipatuk di bagian kaki saat berdagang dan langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. Pihak Damkar Kota Depok telah menerima sedikitnya 20 pengaduan penanganan berbagai jenis ular termasuk kobra. Ular kobra dalam jumlah puluhan ekor sebelumnya juga ditemukan di sekitar Kawasan Citayam di perbatasan Bogor dan Depok.

Tak hanya di wilayah pinggiran ibukota, belasan anak ular kobra juga ditemukan di Purwakarta, Jawa Barat. Anak ular kobra didapati berada dalam kardus di salah satu dapur rumah warga sebelum dipindahkan ke lokasi yang aman oleh petugas damkar setempat. Total ada 16 ekor anak kobra ditemukan di lokasi ini.

Tiap tahun, gigitan ular di seluruh dunia mencapai 4,5 juta kasus. Dari jumlah ini 2,7 juta orang yang menjadi korban gigitan mengalami luka serius sedangkan 125 ribu orang meninggal dunia.

Dibandingkan dengan Australia dan Malaysia boleh dibilang Indonesia merupakan rumah ular. Indonesia paling banyak memiliki jenis ular, termasuk jenis yang berbisa. Ada sekitar 360 jenis ular di Indonesia dan 76 jenis di antaranya jenis berbisa. Sementara Australia memiliki 200 jenis ular dan 40 jenis di antaranya berbisa. Jumlah jenis ular di Malaysia lebih sedikit sekitar 100 jenis dengan hanya ada 20 jenis yang berbisa.

Temuan ular kobra terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Apa sebaiknya yang dilakukan jika menemukan ular di sekitar lingkungan anda dan bagaimana penanganan medisnya jika sampai digigit ular berbisa?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x