Kompas TV nasional politik

Golkar Siapkan Jusuf Hamka Dampingi Kaesang di Pilkada Jakarta 2024, Airlangga: Masih Ada Waktu

Kompas.tv - 11 Juli 2024, 19:48 WIB
golkar-siapkan-jusuf-hamka-dampingi-kaesang-di-pilkada-jakarta-2024-airlangga-masih-ada-waktu
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bertemu Ketua Umum Partai Golkar di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2024). (Sumber: Adhyatsa Dirgantara/Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyiapkan salah satu kadernya, Jusuf Hamka alias Babah Alun untuk mendampingi Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024. Airlangga mengajukan Jusuf Hamka jika Kaesang memutuskan untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Airlangga sendiri bertemu dengan Kaesang dan delegasi elite PSI di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2024). Golkar dan PSI membahas berbagai hal dalam pertemuan ini, terutama soal pilkada.

"Masih ada waktu untuk memutuskan, tetapi apabila kesempatan itu ada dan Mas Kaesang siap untuk maju (Pilkada Jakarta 2024), Partai Golkar akan mendukung," kata Airlangga usai pertemuan dengan Kaesang, Kamis (11/7).

Baca Juga: Puan Persilakan Kaesang Jika Ingin Silaturahmi ke Markas PD-P: Penting dan Baik Dilakukan, Monggo

Menko Perekonomian RI itu menyebut Kaesang akan menghadapi tantangan besar jika memutuskan maju di Pilkada Jakarta 2024. Salah satu tantangan Jakarta yang disorot Airlangga terkait infrastruktur.

"Partai Golkar tentu melihat tantangan Jakarta itu besar sekali, termasuk kita ingin, Jakarta ini salah satu kota dengan penduduk 10 juta, kita harus bisa mengalahkan Thailand, Bangkok untuk mengatasi kemacetan," katanya.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Airlangga mengaku menyiapkan kadernya yang berpengalaman panjang di sektor infrastruktur, Jusuf Hamka.

"Untuk mendukung Mas Kaesang seandainya beliau memilih Jakarta, saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah malang melintang di infrastruktur, yaitu Babah Alun," kata Airlangga.

Sementara itu, Kaesang masih enggan mengatakan apakah akan maju di Pilkada Jakarta 2024 atau daerah lain. Ketua Umum PSI itu menyebut masih ada waktu untuk memutuskan jelang pendaftaran pilkada serentak pada Agustus 2024 mendatang.

Mengenai Pilkada Jakarta 2024, Kaesang justru mengaku menjagokan Golkar mengusung Ridwan Kamil. Menurutnya, sosok Ridwan Kamil bisa menyaingin Anies Baswedan yang elektabilitasnya cukup tinggi di Jakarta.

"Masih 49 hari lagi, dan kalau kita lihat di survei, memang Pak Anies sekarang yang paling tinggi. Tapi saya rasa Golkar juga punya jagoan, Pak Ketum, ada Pak Ridwan Kamil. Mungkin kalau Pak Ridwan Kamil bosan di Jabar bisa mencari tatangan baru di DKI Jakarta," kata Kaesang.

Di lain sisi, Kaesang mengonfirmasi bahwa PSI akan mendukung Bupati Kendal Dico Ganinduto bersama Partai Golkar di Pilwalkot Semarang 2024. 


Airlangga sendiri menyebut terdapat sejumlah pilkada lain yang dibicarakan dalam pertemuan dengan Kaesang. Namun, Partai Golkar dan PSI baru bisa bersepakat di Kota Semarang.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Golkar Belum Putuskan Dirinya Maju di Pilkada Jakarta atau Jawa Barat



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x