Kompas TV nasional peristiwa

Kuasa Hukum Sebut Keluarga Vina Alami Trauma Berat: Masih Ingat Luka-Penyiksaan yang Dialami Vina

Kompas.tv - 27 Mei 2024, 20:05 WIB
kuasa-hukum-sebut-keluarga-vina-alami-trauma-berat-masih-ingat-luka-penyiksaan-yang-dialami-vina
foto Vina, pelajar yang menjadi korban pemerkosaan dan pembunuhan pada 2016 silam di Cirebon, Jawa Barat. Kuasa hukum keluarga Vina sebut keluarga korban masih mengalami trauma dan mengingat penyiksaan yang dialami Vina. (Sumber: Kompas.id/Abdullah Fikri Ashri)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim kuasa hukum keluarga Vina mendatangi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk membuat pengaduan terkait kasus pembunuhan anaknya yang terjadi di Cirebon, Jawa Barat, pada 2016 silam.

Kuasa hukum keluarga Vina, Putri Maya Rumanti, menyebut keluarga korban masih mengalami trauma luar biasa terhadap peristiwa dan penderitaan yang dialami Vina.

"Trauma ya sangat luar biasa," kata Putri, dalam keterangannya di Gedung Komnas HAM, Senin (27/5/2024), seperti dilaporkan Jurnalis Kompas TV.

Putri menyampaikan, keluarga masih mengingat jelas wajah, kebiasaan, dan luka yang dialami Vina akibat peristiwa tersebut.

"(Keluarga) masih terus mengingat, mengingat kebiasaan Vina, mengingat wajah Vina, mengingat luka, dan penyiksaan yang dialami oleh Vina, tentunya keluarga selalu terngiang-ngiang lah," ujarnya.

Di sisi lain, Komnas HAM menyebut telah menerima laporan pengaduan dari pihak keluarga Vina.

Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Uli Parulian Sihombing, mengatakan pihaknya akan mendalami lebih lanjut laporan pengaduan tersebut. 

“Kami sudah menerimanya dan mendalaminya. Tentu, kami akan menindaklanjutinya terkait laporan ini,” kata Uli di Kantor Komnas HAM.

Uli mengatakan, pihaknya mendorong agar keluarga Vina bisa mendapatkan trauma healing dan restitusi.

Baca Juga: Pegi Bantah Terlibat Kasus Vina Cirebon, Polisi: Kami Tidak Mengejar Pengakuan Pelaku



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x