Kompas TV nasional politik

Rekomendasi Rakernas V, Puan: Seluruh DPD Memohon Megawati Diangkat Kembali Jadi Ketum PDIP

Kompas.tv - 26 Mei 2024, 15:08 WIB
rekomendasi-rakernas-v-puan-seluruh-dpd-memohon-megawati-diangkat-kembali-jadi-ketum-pdip
Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDIP Puan Maharani di gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/11/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDIP Puan Maharani menyebut seluruh DPD partai berlambang kepala banteng moncong putih itu memohon agar Megawati Soekarnoputri kembali diangkat menjadi ketua umum (ketum) PDIP pada Kongres VI tahun 2025 mendatang. 

Hal itu ia katakan saat membacakan rekomendasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2024).

"Rakernas V Partai setelah mendengarkan pandangan umum DPD PDI Perjuangan se-Indonesia memohon kesediaan Prof. DR. Megawati Soekarnoputri untuk dapat diangkat dan ditetapkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, Periode 2025-2030 pada Kongres VI tahun 2025," kata Puan. 

Baca Juga: Jawab Puan Diberi Kode Megawati Gantian Jadi Ketua Umum PDIP: Berdoa Aja, Insya Allah

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyebut mayoritas kader dari tataran elite hingga akar rumput masih menginginkan Megawati Soekarnoputri menjadi orang nomor satu di partai berlambang kepala banteng moncong putih itu.

Oleh sebab itu, kecil kemungkinan akan terjadi pergantian ketua umum pada kongres partai yang rencananya akan digelar pada April 2025 mendatang. 

"Sementara ini kalau membaca arus bawah, kita tahu bersama akan kesulitan PDI-P untuk ada estafet dalam waktu dekat, akan ada kesulitan. Kesulitannya apa? Karena begitu bicara PDI-P itu sama dengan Megawati Soekarnoputri. Itu fakta, siapapun tidak bisa dihindarkan," kata Said dalam Rakernas PDI-P ke-V di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (25/5/2024). 


Namun, regenerasi di tingkat struktur PDIP akan dilakukan untuk menciptakan kaderisasi baik dan mencetak calon pemimpin di Indonesia. 

Baca Juga: Said Abdullah Sebut Kader Akar Rumput Masih Ingin Megawati Jadi Ketua Umum PDI-P
 
"Bahwa Ibu Ketum dalam pembukaan kemarin (bilang) Mbak Puan jadi Ketum, gantian Ibu Ketum yang ke luar negeri, itu kan lepasan-lepasan (candaan) dari Bu Ketum. Tidak bisa kita tangkap langsung bahwa nanti penggantinya Puan. Itu bukan sikap Ketua Umum, karena biasanya setiap hal-hal strategis menyangkut internal partai Ibu Ketum meletakkannya dalam forum kongres partai," kata Said.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x