Kompas TV nasional politik

Said Abdullah Sebut Kader Akar Rumput Masih Ingin Megawati Jadi Ketua Umum PDI-P

Kompas.tv - 25 Mei 2024, 12:36 WIB
said-abdullah-sebut-kader-akar-rumput-masih-ingin-megawati-jadi-ketua-umum-pdi-p
Foto arsip. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri. (Sumber: KOMPAS/RODERICK ADRIAN MOSES)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDI-P Said Abdullah menyebut mayoritas kader dari tataran elite hingga akar rumput masih menginginkan Megawati Soekarnoputri menjadi orang nomor satu di partai berlambang kepala banteng moncong putih itu.

Oleh sebab itu, kecil kemungkinan akan terjadi pergantian ketua umum pada kongres partai yang rencananya akan digelar pada April 2025 mendatang. 

"Sementara ini kalau membaca arus bawah, kita tahu bersama akan kesulitan PDI-P untuk ada estafet dalam waktu dekat, akan ada kesulitan. Kesulitannya apa? Karena begitu bicara PDI-P itu sama dengan Megawati Soekarnoputri. Itu fakta, siapapun tidak bisa dihindarkan," kata Said dalam Rakernas PDI-P ke-V di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (25/5/2024). 

Namun, regenerasi di tingkat struktur PDI-P akan dilakukan untuk menciptakan kaderisasi baik dan mencetak calon pemimpin di Indonesia. 

Baca Juga: Ketika Megawati Bercanda Minta Tukar Posisi dengan Puan Maharani

"Bahwa Ibu Ketum dalam pembukaan kemarin (bilang) Mbak Puan jadi Ketum, gantian Ibu Ketum yang ke luar negeri, itu kan lepasan-lepasan (candaan) dari Bu Ketum. Tidak bisa kita tangkap langsung bahwa nanti penggantinya Puan. Itu bukan sikap Ketua Umum, karena biasanya setiap hal-hal strategis menyangkut internal partai Ibu Ketum meletakkannya dalam forum kongres partai," kata Said.

Bahkan, ia menyebut seloroh Megawati itu bukan sebagai sinyal Puan Maharani bakal menggantikan Megawati di tahun depan.

"Kalau celetukan-celetukan seperti itu dianggap sinyal, bagi internal kami itu bukan sinyal. Ibu Ketua Umum itu suka bercanda," kata Said.

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, Megawati Soekarnoputri berkelakar mengajak putrinya, Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDI-P Puan Maharani, untuk bertukar jabatan.

Awalnya, Megawati menyindir Puan yang sering bertugas ke luar negeri karena jabatannya sebagai Ketua DPR RI.

"Jadi saya kalau beliau (Puan) pamit kemarin ikut di Bali, lalu kapan itu ke Meksiko," ujar Megawati saat pidato pembukaan Rakernas PDIP V PDI-P di Ancol, Jakarta, Jumat (24/5).

Baca Juga: Momen Puan Maharani Sopiri Megawati hingga Ganjar Pranowo di Rakernas ke-V PDIP

Kemudian, Megawati pun berceloteh meminta tukar posisi dengan Puan.

"Jadi terus saya bilang gantian lah sama saya, saya deh yang jadi Ketua DPR, kamu yang jadi Ketua Umum, haha," ujar Megawati.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x