Kompas TV nasional peristiwa

Musim Liburan, BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Kota Besar 25-26 Mei 2024

Kompas.tv - 25 Mei 2024, 12:18 WIB
musim-liburan-bmkg-waspada-hujan-lebat-dan-angin-kencang-di-sejumlah-kota-besar-25-26-mei-2024
Foto ilustrasi hujan lebat dampak cuaca ekstrem. Pihak BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah daerah di Indonesia untuk hari ini, Sabtu (25/5/2024) dan Minggu besok (26/5). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah kota besar Indonesia pada hari ini, Sabtu (25/5/2024) dan Minggu (26/5) besok.

Berdasarkan prakiraan cuaca terkini, wilayah dengan tekanan udara rendah dan pertemuan angin akan rentan mengalami peningkatan pembentukan awan hujan.

BMKG menginformasikan kota-kota besar seperti Jambi, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Tanjung Selor, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, Mamuju, Manado, Kendari, Ternate, dan Ambon berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Sementara itu, kota-kota lain seperti Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Bengkulu, Palembang, Mataram, Palangkaraya, Gorontalo, Palu, Manokwari, dan Jayapura diperkirakan akan mengalami hujan ringan hingga sedang.

Baca Juga: Cuaca Jabodetabek Hari Ini Sabtu 25 Mei, Jakarta Bagian Utara dan Bogor Hujan Ringan

Di sisi lain, beberapa kota lainnya seperti Banda Aceh, Padang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Serang, Denpasar, Kupang, dan Makassar diprakirakan akan mengalami kondisi berawan sepanjang hari ini.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memperkirakan cuaca akan berawan di pagi dan malam hari, sementara pada siang harinya akan cerah berawan.

Selain itu, BMKG juga mengimbau masyarakat pesisir untuk mewaspadai potensi rob atau banjir pasang air laut di beberapa wilayah seperti pesisir Belawan, pesisir Kepulauan Riau, pesisir Sumatera Barat, pesisir utara Jakarta, dan pesisir Kota Surabaya. Adapun tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia umumnya diperkirakan berada di kisaran 0,5 hingga 2,5 meter.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan sebagainya.

Cuaca ekstrem tersebut dapat menimbulkan dampak seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu ke depan di wilayah ini.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap kondisi cuaca ini. Berikut adalah wilayah-wilayah yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat hingga 26 Mei 2024.

  1. Sumatra Utara
  2. Bengkulu
  3. Kepulauan Riau
  4. Sumatra Selatan
  5. Lampung
  6. Kepulauan Bangka Belitung
  7. Banten
  8. Jawa Barat
  9. Jawa Tengah
  10. DI Yogyakarta
  11. Kalimantan Barat
  12. Kalimantan Tengah
  13. Kalimantan Timur
  14. Kalimantan Selatan
  15. Kalimantan Utara
  16. Sulawesi Utara
  17. Gorontalo
  18. Sulawesi Tengah
  19. Sulawesi Selatan
  20. Sulawesi Barat
  21. Sulawesi Tenggara
  22. Maluku Utara
  23. Maluku
  24. Papua Barat
  25. Papua Barat Daya
  26. Papua
  27. Papua Tengah
  28. Papua Pegunungan
  29. Papua Selatan

Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Sabtu 25 Mei 2024, BMKG: 19 Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem

Persiapkan perlengkapan seperti payung, jas hujan, dan lain sebagainya jika harus beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, hindari aktivitas di daerah rawan banjir atau longsor serta tetap waspada terhadap kemungkinan adanya angin kencang dan petir.


 



Sumber : bmkg.go.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x