Kompas TV nasional humaniora

Garuda Mulai Angkut Calon Jemaah Haji 12 Mei, Siapkan 14 Pesawat hingga Makanan Khas Daerah

Kompas.tv - 8 Mei 2024, 18:50 WIB
garuda-mulai-angkut-calon-jemaah-haji-12-mei-siapkan-14-pesawat-hingga-makanan-khas-daerah
Ilustrasi. Garuda Indonesia mulai menerbangkan calon jemaah haji ke Tanah Suci pada Minggu (12/5/2024). Penerbangan pertama mengangkut calon jemaah haji asal Jakarta, yang disusul dengan embarkasi Solo, Medan, Banjarmasin, Lombok, Makassar, dan Padang. (Sumber: Garuda Indonesia)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Garuda Indonesia mulai menerbangkan calon jemaah haji ke Tanah Suci pada Minggu (12/5/2024). Penerbangan pertama mengangkut calon jemaah haji asal Jakarta, yang disusul dengan embarkasi Solo, Medan, Banjarmasin, Lombok, Makassar, dan Padang.

Untuk mengoptimalkan seluruh rangkaian pelaksanaan penerbangan haji tersebut, Garuda Indonesia mengoperasikan 14 pesawat berbadan lebar. Termasuk armada B777-300ER dan A330 yang dimiliki oleh maskapai penerbangan plat merah tersebut.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pihaknya secara berkesinambungan terus memaksimalkan kesiapan operasional jelang pelaksanaan penerbangan haji perdana.

Mulai dari aspek layanan, operasional, hingga tata kelola safety penerbangan. 

Baca Juga: Suhu di Arab Saudi Bisa 40 Derajat, Simak Tips Mencegah Heat Stroke saat Berhaji

"Operasional penerbangan haji tahun ini merupakan salah satu momen penting Garuda Indonesia Group, atas kepercayaan yang kembali diberikan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI," kata Irfan dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.tv, Rabu (8/5/2024). 

"Tahun ini merupakan tahun ke-69 sejak Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan haji untuk pertama kalinya pada tahun 1955," tambahnya. 

Beberapa persiapan Garuda Indonesia dalam melayani penerbangan haji adalah dengan melaksanakan Aircraft Health Program. Yaitu penyehatan pesawat melalui beragam prosedur perawatan secara menyeluruh dan berlapis pada armada yang akan melayani penerbangan haji.  

Program ini sendiri telah berlangsung secara intensif sejak bulan Maret lalu yang dibarengi dengan persiapan secara umum sejak awal tahun 2024 lalu. 

Garuda Indonesia melalui GMF AeroAsia juga telah melaksanakan berbagai persiapan teknis lainnya. 

Baca Juga: Kemenag Rilis Penempatan Hotel Calon Jemaah Haji di Makkah dan Madinah




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x