Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih Besok, Cak Imin Belum Terima Undangan

Kompas.tv - 23 April 2024, 22:07 WIB
kpu-tetapkan-prabowo-gibran-sebagai-presiden-wapres-terpilih-besok-cak-imin-belum-terima-undangan
Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyambangi NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, Selasa (23/4/2024). (Sumber: Tribunnews/Fersianus Waku)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku belum menerima undangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait penetapan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024 besok.

Cak Imin juga mengaku belum mengetahui terkait agenda dari KPU tersebut.

Ia pun belum bisa memastikan apakah akan hadir di acara penetapan Prabowo-Gibran itu karena belum menerima undangan resmi dari KPU.

"Saya belum tahu agenda KPU. Saya belum terkontak," kata Cak Imin dalam konferensi pers usai bertemu Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Selasa (23/4/2024) sore.

"Belum terima udangannya," tambahnya.

KPU RI akan melakukan penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Rabu (24/4/2024) besok.

Agenda penetapan pasangan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024 tersebut akan dilakukan di kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada pukul 10.00 WIB.

Prabowo-Gibran ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilpres 2024 setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan sengketa Pilpres 2024 pada Senin (23/4/2024) kemarin.

"Kalau durasi waktunya itu tidak terlalu apa namanya tidak terlalu ketat, yang jelas ada prosedur-prosedur yang kami lakukan. Yang jelas besok itu pembacaan penetapan itu pasti ada berita acara yang kami data, mulai teng jam 10.00 WIB," kata Anggota KPU RI, August Mellaz, di KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2024) dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Bicara Soal Oposisi, Cak Imin: Mau Nanya Bang Surya Paloh Itu Sungkan

August menyebut, KPU juga bakal mengundang pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

"Kita belum dapat konfirmasi, yang jelas kita undang semua baik paslon 1 2 3 kita undang semua. Yang jelas kami undang," ungkapnya.

Meski begitu, dirinya tidak bisa memastikan apakah kedua pasangan itu akan menghadiri undangan tersebut atau tidak. 

"Kita undang aja yang jelas," pungkasnya.

Sebelumnya, Prabowo dan Gibran dipastikan bakal menghadiri acara penetapan keduanya sebagai presiden dan wapres terpilih. 

"Iya, pak Prabowo akan datang langsung, diundang oleh KPU untuk menerima keputusan resmi terkait dengan penerapan beliau sebagai presiden terpilih. Iya pasti, pasti (hadir bersama Gibran)," kata Juru bicara (jubir) Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak di Jakarta, Senin (22/4/2024).

Dahnil menambahkan, pada kesempatan itu Prabowo juga akan menyampaikan pernyataan resmi terkait putusan MK soal sengketa Pemilu 2024.

"Jadi itu beliau nanti akan menyampaikan statement secara resmi pas di KPU hari Rabu, kan pukul 10.00 WIB akan diundang oleh KPU. Insyaallah beliau akan menyampaikan statement secara resmi terkait dengan keputusan MK hari ini," tutur Dahnil. 

Baca Juga: MK Tolak Gugatan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, Siapa yang Tetap Oposisi?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x