Kompas TV nasional politik

Jokowi Cari Waktu untuk Bertemu Megawati, Hasto: Ketemu Anak Ranting Dulu

Kompas.tv - 13 April 2024, 07:58 WIB
jokowi-cari-waktu-untuk-bertemu-megawati-hasto-ketemu-anak-ranting-dulu
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto di JCC Senayan, Minggu (21/1/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto merespons soal rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin bertemu dengan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri.

Menurut Hasto, para kader PDIP yang berasal dari tataran ranting meminta pertemuan Megawati dan Jokowi ditunda dulu.  

"Ya sebenarnya Lebaran kan memang merupakan momentum untuk melakukan silaturahim dan halal bihalal. Tapi dalam konteks terkait dengan Pak Jokowi, hanya anak ranting justru mengatakan 'sebentar dulu, biar bertemu dengan anak ranting dulu'," kata Hasto, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga: Jokowi Berencana Temui Megawati, PDI-P Ajukan Syarat Utamakan Kepentingan Bangsa bukan Keluarga

Menurut dia, usulan dari para kader tersebut merupakan sesuatu yang lumrah, karena mereka sudah menganggap sosok Megawati yang diteladani. 

"Karena mereka juga jadi benteng bagi Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Hasto.

Hasto pun berbicara ihwal adanya dugaan penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Hal itu amat disesalkan karena meninggalkan warisan yang jelek bagi pemerintahan Jokowi.

"Tapi ternyata justru merupakan puncak dari abuse of power dari presiden. Dan kemudian terjadi akibat nepotisme kepentingan untuk memperpanjang kekuasaan itu. Sehingga anak ranting, ranting, justru yang jadi benteng Ibu Mega agar tetap kokoh berdiri di dalam pengabdian mengawal demokrasi itu," katanya.


Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengakui Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi berencana untuk melakukan silaturahmi dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dalam momentum perayaan Idulfitri 1445 Hijriah. 

Namun, ia belum bisa menjelaskan ihwal waktunya, karena masih dicari waktu yang tepat. 

Baca Juga: Momen Paspampres Kawal Jokowi Salat Jumat di Masjid Agung Medan

"Terkait silaturahmi (Presiden Jokowi) dengan Ibu Megawati sedang dicarikan waktu yang tepat. Lagian ini masih di bulan Syawal. Bulan Syawal adalah bulan yang paling tepat untuk mempererat silaturahmi," kata Ari kepada Kompas.tv, Jumat (12/4/2024).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x