Kompas TV nasional humaniora

Paus Fransiskus ke Indonesia Awal September 2024, KWI Siapkan Panitia Penyambutan

Kompas.tv - 12 April 2024, 23:00 WIB
paus-fransiskus-ke-indonesia-awal-september-2024-kwi-siapkan-panitia-penyambutan
Paus Fransiskus melambaikan tangan umat dari balkon tengah Basilika Santo Petrus sebelum pemberkatan Urbi et Orbi (Kepada kota dan dunia), di Vatikan, Minggu, 31 Maret 2024. (Sumber: AP Photo/Alessandra Tarantino)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura dari tanggal 2 hingga 13 September 2024. 

Kabar sukacita ini telah dikonfirmasi Kesekretariatan Vatikan dan telah diinformasikan secara resmi Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) pada Jumat (12/04/2024).

Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Romo Antonius Gregorius Angelo Lalu menjelaskan Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada tanggal 3 hingga 6 September 2024. 

Indonesia akan menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik, yang diikuti dengan kunjungan ke Port Moresby, Papua Nugini dan Vanimo dari 6 hingga 9 September 2024.

Kemudian Dili (Timor Leste) dari 9 hingga 11 September 2024 dan Singapura dari 11 hingga 13 September 2024.

Baca Juga: Sampaikan Pesan Paskah, Paus Fransiskus Serukan Perdamaian di Gaza dan Ukraina

Melalui Kantor Berita Takhta Suci Vatikan, dijelaskan, kunjungan Paus Fransiskus merupakan undangan dari para Kepala Negara dan otoritas Gereja setempat untuk melakukan perjalanan apostolik ke-43 ke empat negara di Asia dan Pasifik. 

Romo Antonius menambahkan, program perjalanan dan agenda Paus Fransiskus di Indonesia, secara rinci akan diterbitkan melalui jalur komunikasi resmi Sekretariat Vatikan dan Perwakilan Pemerintah Indonesia yaitu Kementerian Luar Negeri atau Kemlu. 

"Serta turut didukung jalur komunikasi Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus yang dibentuk melalui Keputusan Presidium KWI," ujar Romo Antonius dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/4/2024).

Terpisah, Menlu Retro Marsudi menyatakan pemerintah Indonesia menyambut baik rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. 

Baca Juga: Diundang Jokowi Sejak 2022, Menag Ungkap Paus Fransiskus akan ke Indonesia pada 3 September 2024

Undangan Presiden RI kepada Paus Fransiskus telah disampaikan melalui Duta Besar Takhta Suci Vatikan di Jakarta pada 25 Maret 2024.

Sebelumnya, Paus Fransiskus telah merencanakan kunjungan ke Indonesia sejak 2020. Namun belum dapat terlaksana mengingat adanya pandemi Covid-19.

Bersama dengan Takhta Suci Vatikan dan pemangku kepentingan terkait, Pemerintah Indonesia terus melakukan persiapan kunjungan dengan baik.​

"Kunjungan Paus ke Indonesia memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia, tidak hanya bagi umat Katolik, namun juga bagi seluruh umat beragama. Kunjungan ini diharapkan akan memperkuat pesan toleransi, persatuan dan perdamaian dunia," ujar Menlu Retno dalam keterangan resmi Kemlu, Jumat (12/4/2024). 


 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x