Kompas TV internasional kompas dunia

Sampaikan Pesan Paskah, Paus Fransiskus Serukan Perdamaian di Gaza dan Ukraina

Kompas.tv - 1 April 2024, 09:50 WIB
sampaikan-pesan-paskah-paus-fransiskus-serukan-perdamaian-di-gaza-dan-ukraina
Paus Fransiskus melambaikan tangan ke arah jemaat dari balkon tengah Basilika Santo Petrus sebelum pemberkatan Urbi et Orbi (kepada kota dan dunia) di Vatikan, Minggu, 31 Maret 2024. (Sumber: AP Photo/Alessandra Tarantino)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Edy A. Putra

ROMA, KOMPAS.TV - Paus Fransiskus menyerukan gencatan senjata di Gaza dan pertukaran tahanan antara Rusia dan Ukraina dalam perayaan Paskah, Minggu (31/3/2024).

Seruan tersebut disampaikan di hadapan sekitar 60.000 anggota jemaat Misa Minggu Paskah di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

Di Gaza terdapat komunitas kecil umat Kristen yang selalu menjadi sumber keprihatinan Paus Fransiskus.

“Perdamaian tidak pernah tercipta dengan senjata, tetapi dengan tangan terulur dan hati yang terbuka,” kata Paus Fransiskus dari loggia yang menghadap ke alun-alun, disambut tepuk tangan dari kerumunan orang di bawahnya.

Paus Fransiskus tampak dalam kondisi baik, meski baru saja merayakan Malam Paskah selama 2,5 jam beberapa jam sebelumnya.

Paus, yang salah satu paru-parunya diangkat saat masih muda, telah berjuang melawan masalah pernapasan sepanjang musim dingin. 

Baca Juga: Paskah 2024, Gereja Katedral Jakarta Usung Dekorasi Bernuansa Betawi dan IKN

Namun sebagai tanda bahwa Paus berusia 87 tahun itu merasa baik-baik saja, dia berkeliling piazza beberapa kali dengan mobil pausnya setelah misa, untuk menyapa para simpatisan.

Vatikan mengatakan sekitar 60.000 orang menghadiri misa tersebut, dan lebih banyak lagi yang memadati jalan raya Via della Conciliazione menuju piazza.

Pada awal kebaktian, embusan angin menjatuhkan ikon keagamaan besar di altar hanya beberapa meter dari paus; petugas segera memperbaikinya.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x