Kompas TV nasional hukum

TNI Berduka Danramil Aradide Letda Oktovianus Sogalrey Gugur Ditembak OPM: Ini Pelanggaran HAM Berat

Kompas.tv - 12 April 2024, 19:26 WIB
tni-berduka-danramil-aradide-letda-oktovianus-sogalrey-gugur-ditembak-opm-ini-pelanggaran-ham-berat
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar menjawab pertanyaan wartawan saat dia ditemui di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (29/3/2024). (Sumber: ANTARA/Genta Tenri Mawangi)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Pusat Penerangan atau Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar menyebut aksi Organisasi Papua Merdeka atau OPM yang menyerang dan menembak Komandan Rayon Militer (Danramil) 1703-04 Aradide Letda Inf Oktovianus Sogalrey hingga tewas merupakan pelanggaran HAM berat.

Ia pun mengatakan bahwa TNI merasa berduka atas gugurnya Letda Oktovianus Sogalrey yang ditembak oleh OPM tersebut.

"Apa yang dilakukan OPM adalah pelanggaran HAM berat," kata Nugraha dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga: Penembak Danramil Aradide Letda Oktovianus Sogalrey Disebut OPM Paniai Pimpinan Matias Gobay

Ia menjelaskan, aksi OPM tersebut telah mencederai upaya untuk menciptakan perdamaian dan percepatan pembangunan di Papua.

Oleh sebab itu, ia menjelaskan bahwa saat ini TNI dan Polri sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan tersebut. Saat ini, proses evakuasi maupun pemulasaraan jenazah telah dilakukan di RSUD Paniai.

Selanjutnya, kata dia, jenazah sedang dibawa melalui jalur darat menuju Nabire, Papua, untuk disemayamkan di rumah keluarga.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa saat ini situasi di Kabupaten Paniai, Papua Tengah, dalam kondisi kondusif.

Sebelumnya, Kapendam XVII/ Cenderawasih Letkol Inf Chandra Kurniawan mengatakan pelaku penembakan dan penyerangan terhadap Danramil 1703 - 04 Aradide, Letda Inf Oktovianus Sogalrey, adalah Organisasi Papua Merdeka atau OPM dari kelompok Paniai.

Baca Juga: Penembak Danramil Aradide Letda Oktovianus Sogalrey Disebut OPM Paniai Pimpinan Matias Gobay

Letkol Chandra mengungkapkan, kelompok bersenjata yang menyerang Letda Oktovianus merupakan OPM Kodap XIII pimpinan Matias Gobay.

"Memang benar ada dugaan pelaku penembakan yang menyebabkan Danramil Aradide meninggal adalah OPM Kodap XIII yang dipimpin Matias Gobay," kata Letkol Chandra Kurniawan di Jayapura pada Jumat (12/4/2024).

Chandra menjelaskan, dari laporan yang diterima pihaknya, korban Oktovianus diserang dan ditembak di daerah Pasir Putih, Distrik Aradide, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, pada Kamis (11/4/2024) pagi.

Ia menjelaskan, insiden penyerangan itu berawal saat korban keluar dari Makoramil 1703-4/Aradide pada Rabu (10/4/2024) sore.

Namun, ditunggu sampai Kamis pagi (11/4/2024), korban Letda Oktovianus belum juga kembali, sehingga dilakukanlah upaya pencarian. Hasilnya, korban ditemukan meninggal akibat luka tembak yang dialaminya.

Baca Juga: Kadispen TNI AD Ungkap Kronologi Danramil Gugur Dibunuh OPM

"Jenazah korban saat ini dalam perjalanan dari Enarotali, menuju Nabire," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih.


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x