Kompas TV nasional humaniora

Kakorlantas: 73 Persen Kecelakaan Selama Masa Arus Mudik Libatkan Sepeda Motor

Kompas.tv - 12 April 2024, 18:21 WIB
kakorlantas-73-persen-kecelakaan-selama-masa-arus-mudik-libatkan-sepeda-motor
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menjelaskan soal arus mudik lebaran 2024. Menurutnya, akan ada rekayasa lalin berupa contra flow dan ganji genap. (Sumber: Tribunnews.com )
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 73 persen kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama masa arus mudik Lebaran 2024 terjadi pada pengendara sepeda motor.

Penjelasan itu disampaikan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan di Gedung NTMC, Jakarta, Jumat (12/4/2024).

Ia menjelaskan, Korlantas mencatat kendaraan sepeda motor menjadi kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan selama masa arus mudik Lebaran 2024.

Dalam catatan Korlantas, selama masa arus mudik atau delapan hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2024, ada 1.835 kecelakaan yang terjadi.

Baca Juga: Sopir Bus Rosalia Indah Jadi Tersangka Kecelakaan Tol Batang-Semarang

"Sepeda motor itu 73 persen. Disusul oleh kendaraan angkut orang atau bus 12 persen," jelasnya, dikutip Kompas.com.


Selain motor roda dua dan bus, kendaraan lain yang juga banyak mengalami kecelakaan selama arus mudik adalah mobil angkutan barang.

"Kemudian, disusul oleh angkutan barang 10 persen, dan mobil pribadi dua persen," ujar Aan.

Sementara, berdasarkan sebaran wilayahnya, kecelakaan paling banyak terjadi di Polda Jawa Timur (Jatim), Polda Jawa Tengah (Jateng), dan Polda Metro Jaya.



Sumber : kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x