Kompas TV nasional peristiwa

Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Difungsikan Kembali, Gratis

Kompas.tv - 12 April 2024, 09:42 WIB
tol-bocimi-ruas-cigombong-cibadak-difungsikan-kembali-gratis
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), membuka Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak sebagai tol fungsional untuk arus mudik 2023. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

BOGOR, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali membuka jalan Tol Bogor–Ciawi–Sukabumi (Bocimi) ruas Cigombong-Cibadak untuk mengurangi kepadatan lalu lintas. Ruas ini sebelumnya mengalami insiden amblas dan ditutup sementara.

Ruas Tol Bocimi Cigombong-Cibadak mulai dibuka dari Pintu Cigombong (KM 60) menuju ke arah Pintu Cibadak/Parungkuda (KM 72) - Sukabumi per Kamis (11/4/2024). Pengguna jalan tidak dikenakan biaya atau gratis untuk melintas di ruas ini.

Baca Juga: Bus Rosalia Terguling, Jasa Raharja Segera Santuni Korban dengan Ketentuan ini

Namun, untuk sementara hanya satu lajur pada KM64+600 B yang dibuka fungsional untuk kendaraan golongan 1. Pengaturan lalu lintas sepenuhnya dikendalikan oleh Kepolisian Resort (Polres) Sukabumi.

Jam operasional ruas tol fungsional ini kemungkinan akan diberlakukan antara pukul 07.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya dengan sistem buka-tutup yang dikendalikan Polres Sukabumi.

Baca Juga: Jadwal KRL Solo-Jogja Hari Ini 12 April 2024 dan Selama Libur Lebaran 2024, Cek Jam Keberangkatan

"Dengan pertimbangan keselamatan, hanya satu lajur pada KM64+600 B yang dibuka fungsional untuk kendaraan golongan 1, di mana pengaturan lalu lintasnya dilakukan sepenuhnya oleh Polres Sukabumi," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja dikutip dari Kompas.com.

Sebelum dibuka kembali, Kementerian PUPR telah melakukan penanganan darurat dan pembersihan di ruas Cigombong - Cibadak Km 64+600. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran operasional jalan tol fungsional.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG Waspada Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Hari Ini

Kementerian PUPR bersama PT Trans Jabar Tol, selaku badan usaha jalan tol (BUJT), akan tetap siaga di lapangan untuk mengawasi operasional jalan tol fungsional agar berjalan dengan lancar.

Endra mengimbau pengguna jalan tol untuk tetap berhati-hati dan senantiasa mengikuti arahan petugas Kepolisian di lapangan demi keselamatan dan keamanan bersama.

Baca Juga: 5 Rumah di Samarinda Hangus Terbakar, 2 Relawan Alami Luka dan Sesak Napas

Selain itu, selama masa libur Lebaran, seluruh ruas tol fungsional, termasuk Tol Bocimi ruas Cigombong-Cibadak/Parungkuda, tidak akan dikenakan biaya atau gratis.

Sebelumnya Tol Bocimi KM 64-600 mengalami longsor akibat hujan deras Rabu (3/4/2024) sekitar pukul 20.00 WIB. Satu unit minibus dilaporkan terperosok ke dalam jalan yang longsor sebagai dampak dari kejadian tersebut.

"Diduga longsor terjadi karena gerusan air akibat hujan deras sekitar lokasi," kata Corporate Secretary PT Waskita Toll Road Alex Siwu dikutip dari Antara, Kamis (4/4).

Baca Juga: Ada Diskon 20 Persen Tarif Tol Semarang-Jakarta Saat Arus Balik, Catat Tanggalnya!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x