Kompas TV nasional humaniora

Pesan Idulfitri dari JK: Ajak Umat Lanjutkan Ibadah Baik Bulan Ramadan di Kehidupan Sehari-hari

Kompas.tv - 10 April 2024, 10:20 WIB
pesan-idulfitri-dari-jk-ajak-umat-lanjutkan-ibadah-baik-bulan-ramadan-di-kehidupan-sehari-hari
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla alias JK saat di program ROSI, Kompas Tv, Kamis (7/3/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla mengajak segenap umat muslim di Tanah Air agar tetap melanjutkan ibadah dengan baik usai Ramadan 1445 Hijriah.

JK, sapaan Jusuf Kalla, menjelaskan selama Ramadan, umat muslim menyucikan diri sampai melaksanakan ibadah yang baik. Tentunya pengalaman spiritual di bulan Ramadan mesti tetap dilanjkan.

"Kita harus melanjutkan upaya itu, bukan hanya dalam bulan Ramadan," ujar JK, usai melaksanakan salat Idulfitri 1445 H di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Rabu (10/4/2024). Dikutip dari Antara

JK juga mengajak umat Islam untuk memaknai Hari Raya Idulfitri 1445 H sebagai hari kemenangan.

Kemenangan ini bukan hanya bisa melewati ibadah puasa selama sebulan, tapi juga rasa syukur telah mendapat siraman rohani dan fatwa selama menjalani ibadah di bulan Ramadan. 

Baca Juga: Hadiri Open House di Istana, Warga Antre Sejak Jam 04.00, Berharap Bisa Foto Bareng Jokowi

"Marilah kita memaknai sebagai hari kemenangan. Kita bersyukur dapat melampaui, dapat mendapat banyak siraman rohani, banyak ilmu, banyak fatwa selama Ramadan ini," ujar JK. 

Dalam media sosial Instagramnya, JK sempat memberi pesan Idulfitri 1445 H. JK berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah meramaikan dan menunaikan ibadah di Ramadan. 

Ketua Umum PMI ini juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada aparat keamanan yang menjaga dan menjamin keamanan beribadah masyarakat.  

"Terima kasih kepada seluruh aparat keamanan kita, sahabat sebangsa kita yang telah menjamin kepada kita beribadah di bulan Ramadan ini dan juga diharapkan bulan bulan seterusnya. Sungguh hari ini hari kemenangan," ujar JK, dikutip dari Instagram pribadi @jusufkalla

Sebelumnya, Jusuf Kalla melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Agung Al-Azhar. Selain JK, tampak pula hadir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) periode 2004–2009 Adhyaksa Dault dan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie.

Baca Juga: Doa Harapan Anies Baswedan di Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Kementerian Agama telah menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024 Masehi jatuh pada Rabu setelah diputuskan melalui sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (9/4/2024) malam.


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x