Kompas TV nasional politik

Jawab Pertanyaan Awak Media, Maruarar Sirait: Saya Ikut Gerindra

Kompas.tv - 7 April 2024, 22:00 WIB
jawab-pertanyaan-awak-media-maruarar-sirait-saya-ikut-gerindra
Mantan kader PDI Perjuangan Maruarar Sirait menyatakan dukungannya kepada pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Jumat (19/1/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Maruarar Sirait, mantan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyebut saat ini dirinya ikut Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Peryataan Maruarar tersebut disampaikan menjawab pertanyaan sejumlah awak media mengenai partainya saat ini.

Para wartawan itu menanyakan, apakah Maruarar berlabuh ke Gerindra setelah mendukung penuh Prabowo Subianto pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Saya ikut Gerindra," ujar pria yang akrab disapa Ara itu dalam acara Buka Puasa Bersama Aktivis Nasional dan Sahabat Bang Ara di daerah Jakarta Pusat, Minggu (7/4/2024), dikutip Kompas.com.

Maruarar yang merupakan kelahiran Medan, 23 Desember 1969 itu merupakan putra dari Sabam Sirait, mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Baca Juga: Jokowi Disebut-sebut dalam Sidang Sengketa Hasil Pilpres, Hakim: Kurang Elok Panggil Presiden ke MK

Dalam sejumlah kesempatan, Megawati juga pernah bercerita bahwa Sabam Sirait merupakan orang pertama yang membujuknya terjun ke politik.

Maruarar yang merupakan alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Parahyangan Bandung itu sempat duduk sebagai anggota DPR RI selama tiga periode.

Namun, menjelang Pemiu 2024, sekitar sebulan sebelumnya, mantan Ketua Taruna Merah Putih itu berpamitan dari PDI-P.  

Saat berpamitan, ia mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri hingga Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto.

Maruarar juga mengaku keluar dari PDIP karena mengikuti langkah politik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun saat itu ia tak merinci apakah alasan itu terkait dengan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu, atau hal lain.

Baca Juga: Sebut Hubungan Cak Imin dan Prabowo Akrab, Jazilul: PKB Belum Punya Pengalaman di Luar Pemerintahan

"Saya memilih untuk mengikuti langkah Pak Jokowi karena saya percaya Pak Jokowi adalah pemimpin yang sangat didukung oleh rakyat Indonesia," kata Maruarar.

Namun, akhirnya belakangan diketahui bahwa Maruarar Sirait mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.



Sumber : kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x