Kompas TV nasional peristiwa

Tiket Kapal Feri Mudik Lebaran Ludes Terjual, Pembelian Lagi Disarankan Setelah 8 April 2024

Kompas.tv - 7 April 2024, 10:31 WIB
tiket-kapal-feri-mudik-lebaran-ludes-terjual-pembelian-lagi-disarankan-setelah-8-april-2024
Foto ilustrasi. PT ASDP Indonesia Ferry mengimbau pemudik yang ingin menyeberang di lintasan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, agar membeli tiket maksimal H-1 keberangkatan. (Sumber: PT ASDP Indonesia Ferry)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat peningkatan volume penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pulau Jawa menuju Sumatera H-4 menjelang Lebaran 2024. Hal ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat untuk menggunakan jasa kapal feri dalam melakukan mudik.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, menyatakan sesuai prediksi rencana operasi Angkutan Lebaran 2024, puncak arus mudik penyeberangan terjadi pada Sabtu (6/4/2024) atau H-4 hingga hari ini Minggu (7/4).

Baca Juga: Begini Situasi Antrean di Pintu Masuk Pelabuhan Merak

"Volume kendaraan menuju Pelabuhan Merak terus meningkat sejak Sabtu pagi hingga sore hari," ujar Shelvy dalam keterangan resmi, Sabtu (6/4).

Tingginya permintaan dari pemudik membuat ASDP mencatat bahwa total penumpang yang menyeberang di lintas Merak-Bakauheni dari H-7 sampai H-5 mencapai 222.000 orang dan 46.250 unit kendaraan.

Baca Juga: KPU Sebut Saksi Kubu Anies dan Ganjar Tak Berkualitas

Akibat lonjakan jumlah pemudik, ASDP mengungkapkan bahwa tiket kapal feri, baik layanan ekspress maupun reguler rute Merak-Bakauheni, sudah habis terjual hingga jadwal keberangkatan 8 April 2024.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin menyeberang dari Jawa ke Sumatera agar kembali melakukan pembelian tiket setelah tanggal 8 April 2024 demi kenyamanan, keamanan pengguna jasa dalam melakukan perjalanan dengan kapal ferry khususnya di momen mudik Lebaran tahun ini," ucap Shelvy.

Baca Juga: H-3 Lebaran, Puncak Arus Mudik Terjadi di Tol Cipali KM 84

Saat ini, tiket yang masih tersedia hanya untuk pejalan kaki, baik itu layanan ekspress maupun reguler, di Pelabuhan Merak. Sementara itu, tiket untuk pemudik yang menggunakan motor masih tersedia di Pelabuhan Ciwandan-Banten, dengan ketersediaan tiket yang tersisa sekitar 30 persen.

ASDP mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk memastikan kelancaran perjalanan dan mengantisipasi kepadatan dengan melakukan pembelian tiket secara online melalui platform Ferizy mulai dari 60 hari sebelum hari keberangkatan.

Baca Juga: Kata Gibran Soal Isu Jokowi akan Pimpin Tim Transisi Pemerintahan

"Pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di website Ferizy di trip.ferizy.com atau aplikasi Ferizy dan mitra resmi Ferizy," ujar Shelvy, dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, ASDP juga mengingatkan pengguna jasa untuk tidak membeli tiket saat baru menuju pelabuhan dan menghindari pembelian tiket melalui calo di area pelabuhan.

Baca Juga: Contraflow Tol Jakarta-Cikampek Diberlakukan Hari Ini, Skema Mulai Km 36-70


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x