Kompas TV nasional peristiwa

Contraflow Tol Jakarta-Cikampek Diberlakukan Hari Ini, Skema Mulai Km 36-70

Kompas.tv - 7 April 2024, 09:28 WIB
contraflow-tol-jakarta-cikampek-diberlakukan-hari-ini-skema-mulai-km-36-70
Foto ilustrasi contraflow dan one way. Contraflow Tol Jakarta-Cikampek Diberlakukan Minggu 7 April 2024, Skema Mulai Km 36-70 (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polisi kembali menerapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) untuk menghindari kemacetan saat arus Mudik Lebaran, pada Minggu (7/4/2024).

Informasi dari akun resmi Korlantas Polri NTMC menyebutkan bahwa contraflow di Tol Jakarta-Cikampek akan diterapkan mulai dari Km 36 hingga Km 70 dengan dua skema pengendalian yang berbeda.

Skema pertama, dari Km 36 hingga Km 47, hanya akan ada satu lajur yang khusus diperuntukkan bagi kendaraan yang berasal dari arah Jakarta dan diperbolehkan masuk ke dalam jalur contraflow.

Baca Juga: Diduga Tabung Gas Bocor, Kebakaran Melanda Permukiman Padat Penduduk di Kebon Kelapa Gambir

Sedangkan skema kedua, dari Km 47 hingga Km 70, akan ada dua lajur yang khusus diperuntukkan bagi kendaraan dari arah Jakarta yang boleh masuk ke dalam jalur contraflow.

Kendaraan yang masuk ke jalur contraflow di Tol Japek ditujukan untuk menuju Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang berada di arah timur Pulau Jawa, khususnya menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca Juga: Kronologi Mobil Terbakar Akibat Letupan Kembang Api di Kembangan, Jakbar

Korlantas Polri NTMC juga mengimbau kepada para pengendara untuk selalu berhati-hati dan mengikuti arahan petugas di lapangan selama pelaksanaan contraflow.

"Contra Flow Jakarta Cikampek dari KM 36 S.D KM 70. Bagi para pengendara diimbau untuk selalu hati-hati dan mematuhi arahan petugas di lapangan," pesan dari NTMC Polri dikutip, Minggu (7/4).

Baca Juga: Update Pencairan Dana Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus Tahap II 2023, 656.390 Siswa Terima Bantuan

"Pelaksanaan contraflow bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian," lanjutnya.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, menjelaskan bahwa penerapan contraflow dan one way sudah dimulai sejak Jumat malam (5/4), mengingat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta terus meningkat setiap jamnya.

Menurutnya, arus lalu lintas dari berbagai sumber di Jakarta, seperti dari Jati Asih, Pondok Indah, dan sekitarnya, serta dari utara, telah melampaui batas yang telah ditentukan.

Baca Juga: Jalur Pantura Cirebon Padat, Pemudik Antre di Simpang Pemuda Terminal Harjamukti - Simpang Perumnas


 



Sumber : Kompas TV, NTMC Polri


BERITA LAINNYA



Close Ads x