Kompas TV nasional politik

Jokowi Gandeng Pemerintah Baru Bahas RAPBN 2025, Ada Program Makan Siang Gratis

Kompas.tv - 5 April 2024, 22:42 WIB
jokowi-gandeng-pemerintah-baru-bahas-rapbn-2025-ada-program-makan-siang-gratis
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, kenaikan harga beras perlu diwaspadai. Ia menyebut, mahalnya harga beras berpotensi menyumbang peningkatan inflasi terhadap volatile food. (Sumber: Setkab.go.id)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meminta Menteri keuangan Sri Mulyani untuk membahas RAPBN 2025 bersama dengan pemerintahan selanjutnya. 

Salah satu program yang menjadi sorotan Presiden Jokowi yakni makan siang gratis. Presiden Jokowi meminta program kerja tersebut dapat diberikan ruang fiskal dalam RAPBN 2025. 

"Bapak Presiden meminta supaya kita tetap berkomunikasi, tentu saja nantinya dengan pemerintah baru. Sehingga pemerintah baru pada tahun pertama bisa langsung melaksanakan program-program yang menjadi prioritas yang sudah disampaikan," ujar Sri Mulyani usai rapat terbatas di Istana Negara, Jumat (5/4/2024).

Selain memberikan fiskal untuk program pemerintah selanjutnya, Presiden Jokowi juga meminta program kerja prioritas, seperti hilirisasi, transformasi hijau, pembangunan infrastruktur.

Kemudian SDM unggul, inklusivitas dan reformasi birokrasi tetap menjadi poin dalam RAPBN 2025. Hal ini nantinya juga diselaraskan dengan pemerintahan selanjutnya. 

Baca Juga: Ekonom Senior: Program Makan Gratis Lebih Penting dari Pembangunan IKN, karena.. | ROSI

Menurut Sri Mulyani APBN 2025 akan disusun ini menjadi tahap awal transisi pemerintah sekarang dengan pemerintah baru. Namun posturnya tetap disiplin dan menjaga kebijakan fiskal secara hati-hati. 

"Tadi juga disepakati untuk menjaga defisit di bawah 3 persen akan tetap dipegang agar disiplin dari APBN bisa terjaga dan itu juga untuk meningkatkan kualitas dan stabilitas sehingga pemerintah baru bisa fokus deliver program-program prioritasnya," ujar Sri Mulyani.

Lebih lanjut Bendahara Negara ini menjelaskan pemberian ruang fiskal terhadap program prioritas pemeritah baru.

Termasuk makan siang gratis turut memperhatikan keputusan sidang gugatan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi. 

Intinya, pemerintah sepakat untuk menjaga defisit anggaran di tahun 2025 di bawah 3 persen sebagai bentuk disiplin fiskal. 

Baca Juga: Program Makan Siang Gratis Mulai Digodok, Prabowo ke China, Gibran Kirim Tim ke India

"Dari sisi transisi masih menunggu sampai dengan Oktober (2024), namun di satu sisi kita juga melihat keputusan dari Mahkamah Konstitusi. Dengan demikian melihat kepada proses politik, namun persiapan APBN tetap dilakukan," ujar Sri Mulyani.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x