Kompas TV nasional peristiwa

Wamen BUMN Tinjau Jasamarga Tollroad Command Center untuk Persiapan Arus Mudik 2024

Kompas.tv - 4 April 2024, 17:01 WIB
wamen-bumn-tinjau-jasamarga-tollroad-command-center-untuk-persiapan-arus-mudik-2024
Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka persiapan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024, Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo meninjau Jasa marga tollroad command center, di Jati Asih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/3/2024).

Dalam kunjungan itu, Wamen BUMN mendapatkan penjelasan mengenai teknologi di Jasamarga Tollroad command center yang mendukung layanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ngabuburit di Taman Semagor Jambi, Berburu Bakwan dan Lemper

"Memastikan kesiapan Jasa Marga menghadapi arus mudik 2024, tadi bisa dilihat sendiri bahwa Jasamarga dari tahun ke tahun terus meningkatkan teknologi, radar, CCTV sehingga bisa memprediksi arus lalu lintas dan memberikan informasi kepada publik melalui aplikasi Travoy," ujar Kartika Wirjoatmodjo, seperti dilaporkan Jurnalis Kompas TV Alexander Blegur.

Kartika mengatakan, dengan adanya Jasamarga command center, rekayasa lalu lintas bisa dikakukan secara proaktif.

Baca Juga: Bagaimana Strategi Le Minerale dan Pemerintah Gencarkan Program 'Mudik Minim Sampah'?

"Misalnya diprediksi akan terjadi kemacetan langsung dilakukan rekayasa bersama Korlantas dan Dinas Perhubungan, sehingga diharapkan dengan prediksi dan akurasi data yang digunakan ini, arus mudik tidak akan menghadapi kendala dan masyarakat bisa mudik dengan lancar," ungkapnya.

Dalam hal ini, Jasamarga pun memberikan informasi kepada masyarakat melalui aplikasi Travoy, yang bisa dimanfaatkan oleh pemudik untuk mendapatkan informasi terkait rest area, kondisi jalan tol, rekayasa lalu lintas CCTV hingga tarif tol.

Sementara itu, Jasamarga memprediksi puncak arus balik terjadi pada H-4 atau 6 Maret 2024 mendatang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x