Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Peringatkan Hujan Lebat dan Badai Hari Ini, Masyarakat Waspada, Cek Wilayahnya

Kompas.tv - 4 April 2024, 09:48 WIB
bmkg-peringatkan-hujan-lebat-dan-badai-hari-ini-masyarakat-waspada-cek-wilayahnya
Ilustrasi cuaca ekstrem badai petir. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang akan menerjang mayoritas wilayah di Indonesia pada hari ini, Kamis (4/4/2024).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan bahwa potensi cuaca ekstrem yang dapat berujung pada bencana ini dipicu oleh adanya intervensi dari tiga bibit siklon tropis.

Baca Juga: Mudik Lebaran via Tol Kartasura-Klaten Gratis Mulai 5 April 2024, Waktu Perjalanan Hanya 25 Menit

Bibit siklon tersebut yakni Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P yang termonitor berada di sekitar Samudra Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia, serta menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti informasi terkini dari pihak berwenang. Masyarakat juga diimbau untuk menghindari aktivitas di luar ruangan jika kondisi cuaca sudah mulai memburuk, serta mempersiapkan langkah-langkah pencegahan dan mitigasi jika terjadi bencana.

Baca Juga: Gempa M 5,6 Guncang Tuban, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Gempa Susulan

Berdasarkan data BMKG memprakirakan hujan deras akan melanda sebagian besar wilayah Indonesia pada hari Kamis, dengan intensitas melebihi 50 milimeter.

Berikut adalah daftar wilayah yang berpotensi terkena hujan lebat berdasarkan situs resmi BMKG.

Baca Juga: BMKG Sebut Gempa Taiwan Tak Berdampak Tsunami di Indonesia

Prakiraan Wilayah Hujan Lebat Hari Ini

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Riau
  4. Kepulauan Riau
  5. Bengkulu
  6. Jambi
  7. Sumatera Selatan
  8. Kepulauan Bangka Belitung
  9. Lampung
  10. Banten
  11. Jawa Barat
  12. Jawa Tengah
  13. DI Yogyakarta
  14. Jawa Timur

Selain itu, hujan lebat juga diperkirakan akan memengaruhi wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Bahkan, di beberapa wilayah tersebut, hujan lebat berpotensi disertai angin kencang mencapai 45 kilometer per jam, kilat, dan petir, atau yang disebut sebagai hujan badai.

Baca Juga: BMKG: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Wilayah-Wilayah Ini saat Mudik Lebaran 3-9 April 2024

Wilayah yang berpotensi terdampak hujan badai meliputi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Pantau pembaruan BMKG dan pengumuman otoritas lokal untuk informasi terbaru dan panduan keselamatan di tengah kondisi cuaca ini.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x