Kompas TV nasional peristiwa

Mudik Lebaran 2024, BPJT PUPR Sebut Akan Ada Diskon Tarif Tol hingga 20 Persen di Trans Jawa

Kompas.tv - 29 Maret 2024, 05:25 WIB
mudik-lebaran-2024-bpjt-pupr-sebut-akan-ada-diskon-tarif-tol-hingga-20-persen-di-trans-jawa
Foto arsip. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan akan ada diskon tarif tol yang diterapkan di Tol Trans Jawa oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada periode mudik Lebaran 2024. (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan akan ada diskon tarif tol yang diterapkan di Tol Trans Jawa oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada periode mudik Lebaran 2024.

Anggota BPJT dari unsur masyarakat, Tulus Abadi, mengatakan diskon tarif tol merupakan kompetensi BUJT.

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) pun sudah berkirim surat kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk menyampaikan akan ada diskon tarif tol dengan kisaran maksimal 20 persen.

"Dari informasi yang diterima Kementerian PUPR akan ada diskon tarif dari BUJT dengan kisaran maksimal 20 persen di Tol Trans Jawa," kata Tulus di Jakarta, Kamis (28/3/2024), dikutip dari Antara.

Ia menambahkan, pengumuman resmi terkait pemberlakuan diskon tarif tol nantinya bakal dikeluarkan oleh masing-masing BUJT.

"Saya kira sebelum H-7 mestinya sudah bisa diumumkan," imbuhnya.

Karena adanya pembatasan kendaraan sumbu tiga atau lebih saat mudik Lebaran, kendaraan pribadi diprediksi akan mendominasi arus mudik.

Tulus berpendapat pemberian diskon tarif tol dapat membantu mengurangi kemacetan dengan mendorong pemudik untuk berangkat lebih awal karena tarif tol menjadi lebih terjangkau.

Baca Juga: Daftar Tarif Tol Trans Jawa saat Arus Mudik Lebaran 2024

"Diskon tarif tol rencananya diberlakukan Tol Trans Jawa. Kalau saya diskusi dengan BUJT-BUJT yang lain kelihatannya diskon tarif tersebut diberlakukan sampai Kalikangkung, karena setelah Kalikangkung kondisinya sepi," ujarnya.

"Jadi karena kondisinya sepi dan tujuan mengurai kemacetan setelah tercapai, maka mereka tidak berencana untuk memberikan diskon," tutur Tulus.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan akan ada diskon tarif tol dari BUJT selama libur Lebaran 2024. 

Diskon tersebut bertujuan untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas, mengurangi biaya perjalanan masyarakat, dan mendorong sektor pariwisata. 

Meskipun diterapkan pada jam-jam tertentu di luar arus mudik puncak, diskon tersebut tetap diharapkan bisa mengurai kemacetan pada momen Lebaran tahun ini. 

Saat ini, belum ada BUJT yang mengajukan pemberlakuan diskon tarif tol, namun Basuki menegaskan potongan akan tetap diberlakukan pada mudik Lebaran 2024. 

Baca Juga: Rincian Tarif Tol Trans Jawa Selama Arus Mudik Lebaran 2024, Berapa dari Jakarta hingga Surabaya?


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x