Kompas TV nasional humaniora

Pemerintah Prediksi Lebaran Sama dengan Muhammadiyah, Ini Penjelasan Wamenag

Kompas.tv - 26 Maret 2024, 07:10 WIB
pemerintah-prediksi-lebaran-sama-dengan-muhammadiyah-ini-penjelasan-wamenag
Ilustrasi. Warga melaksanakan salat Idulfitri atau Idul Fitri di pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Senin, 2 Mei 2022. Lebaran tahun 2024 ini hampir pasti bersamaan antara pemerintah dengan Muhammadiyah seperti diutarakan Wamenag Saiful Rahmat Dasuki, Senin (25/3). (Sumber: AP Photo/Tatan Syuflana)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah memprediksi Hari Raya Idulfitri akan jatuh pada Rabu, 10 April 2024. Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki menjelaskan, hal itu sesuai dengan kriteria visibilitas hilal yang telah disetujui oleh para Menteri Agama di Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura (MABIMS).

"Berdasarkan kriteria MABIMS, telah disepakati hal itu memenuhi kriteria visibilitas hilal, imkanur ru'yat yaitu setinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat," kata Saiful Rahmat dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (25/3/2024), dikutip dari laporan jurnalis KompasTV. 

Berdasarkan proyeksi tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) telah berkoordinasi dengan seluruh Satuan Kerja (Satker) Kemenag di daerah, untuk mempersiapkan tempat pelaksanaan salat Idulfitri.

Baca Juga: Ini Daftar Negara dengan Waktu Puasa Terlama dan Terpendek – INFOGRAFIS

Termasuk untuk daerah-daerah yang tengah dilanda bencana alam seperti banjir di Demak dan Kudus. 

Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan (PMK) Muhadjir Effendy menyebut 1 Syawal 1445 H akan jatuh pada 10 April. 

"Idulfitri hampir bisa dipastikan jatuh tanggal 10 April 2024," ujarnya. 

Namun, pemerintah tetap akan menggelar sidang isbat pada 9 April 2024.

Hari Raya Idulfitri 2024 akan bersamaan

Pernyataan senada juga sudah dilontarkan Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin.

Baca Juga: Berapa Biaya Jakarta-Surabaya Lewat Tol Trans-Jawa Lebaran 2024, Simak Penyesuaian Harganya

Ia mengungkap adanya kemungkinan persamaan pada pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah versi pemerintah maupun organisasi masyarakat.

Ia menerangkan, pada 9 April 2024, posisi bulan di wilayah Indonesia sudah cukup tinggi, lebih dari 6 derajat dan elongasi sekitar 8 derajat. 

Faktor itu secara hitung-hitungan sudah memenuhi kriteria MABIMS, yakni minimal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Baca Juga: Kemenhub Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 5-8 April 2024, Imbau Pemudik Berangkat Lebih Awal

"Saat sidang isbat tanggal 9 April 2024 akan diputuskan bahwa Idul Fitri jatuh pada 10 April 2024. Itu sama dengan kriteria wujudul hilal yang sudah dilakukan salah satu ormas, sehingga nanti Idulfitri akan seragam tanggal 10 April 2024," tuturnya pada Jumat (8/3), dikutip dari Antara

Sebelumnya, Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada 11 Maret dan 1 Syawal atau Idul Fitri jatuh pada 10 April 2024. 


 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x