Kompas TV nasional peristiwa

Panglima TNI Mutasi 52 Perwira Tinggi: dari Kepala RSPAD, Kabais hingga Pangdam, Ini Daftarnya

Kompas.tv - 24 Maret 2024, 09:40 WIB
panglima-tni-mutasi-52-perwira-tinggi-dari-kepala-rspad-kabais-hingga-pangdam-ini-daftarnya
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto saat menyampaikan pernyataan kepada wartawan usai dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu (22/11/2023). Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi dan rotasi  terhadap 52 perwira tinggi (Pati) di lingkungan TNI.  (Sumber: ANTARA/Andi Firdaus/aa.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi dan rotasi terhadap 52 perwira tinggi (Pati) di lingkungan TNI.

Mutasi ini tertuang dalam Surat Keputusan (Skep) Panglima TNI Nomor Kep/329/III/2024 tertanggal 22 Maret 2024. 

Dalam mutasi ini, sejumlah jabatan strategis berganti, di antaranya, mulai dari Kepala RSPAD Gatot Soebroto,  Staf Khusus KSAD, Staf Khusus KSAL, Irjen TNI hingga Kabais TNI.

Adapun dalam mutasi tersebut, Agus menunjuk Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Letjen TNI Albertus Budi Sulistya dalam jabatan baru menjadi Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Kemudian Letjen TNI (Mar) Suhartono yang sebelumnya menjabat Irjen TNI, dimutasi ke Markas Besar TNI AL (Mabesal) sebagai perwira tinggi Mabes TNI AL dalam rangka pensiun.

Jabatan yang ditinggalkan Letjen TNI (Mar) Suhartono tersebut kemudian diemban Laksdya TNI Dadi Hartanto yang sebelumnya menjabat Danjen Akademi TNI.

Agus juga turut merotasi Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) Letjen TNI Rudianto dalam jabatan baru Danjen Akademi TNI.

Panglima kemudian menunjuk Kabainstrahan Mayjen TNI Yudi Abrimantyo dalam jabatan baru sebagai Kabais TNI.

Perwira tinggi TNI lainnya yang kena rotasi, yaitu Mayjen TNI Fajar Setyawan yang sebelumnya menjabat Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), saat ini kembali ke Markas Besar TNI AD dalam rangka pensiun.

Jabatan yang ditinggalkan Fajar digantikan oleh Brigjen TNI Lukmansyah yang mendapatkan promosi jabatan dari posisi dia sebelumnya sebagai Staf Khusus Kasad.

Panglima juga turut merotasi Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah sebagai Kas Kostrad menggantikan Mayjen TNI Farid Makruf, yang saat ini berdinas sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Sumber Kekayaan Alam Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Posisi yang ditinggalkan Ilyas tersebut kemudian diisi oleh Mayjen TNI Haryanto yang sebelumnya menjabat Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad.

Jabatan Pangdivif 2 Kostrad diisi oleh Brigjen TNI Anton Yuliantoro yang mendapatkan promosi dari jabatan dia sebelumnya sebagai Asisten Logistik Kepala Staf Kostrad (Aslog Kas Kostrad).

Baca Juga: Link Pendaftaran Taruna Akmil TNI AD 2024, Rekrutmen Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Jadwalnya

Tidak hanya di Divisi 2 Kostrad, jabatan Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad juga berganti dari semula Mayjen TNI Choirul Anam kepada Brigjen TNI Bangun Nawoko.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x