Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Papua Pegunungan dan Papua Sewa Pesawat untuk Rekapitulasi Nasional di Jakarta

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 08:05 WIB
kpu-papua-pegunungan-dan-papua-sewa-pesawat-untuk-rekapitulasi-nasional-di-jakarta
Komisioner KPU Papua Pegunungan Theodorus Kossay. (Sumber: KOMPAS.COM/Dhias Suwandi)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan rekapitulasi nasional untuk Provinsi Papua dan Papuan Pegunungan digelar hari ini, Rabu (20/3/2024). 

Sebelumnya KPU RI menargetkan empat provinsi mengikuti rekapitulasi nasional pada Selasa (19/3) kemarin.

Namun hanya dua provinsi yang mengikuti rekapitulasi nasional di KPU pusat yakni Provinsi Jawa Barat dan Maluku. 

Komisioner KPU Provinsi Papua Pegunungan Theodorus Kossay menjelaskan ada sejumlah kendala yang membuat rekapitulasi di tingkat provinsi menjadi terhambat. 

Semisal berlarutnya rapat pleno tingkat kabupaten dikarenakan adanya aksi protes terhadap Panitia Pemilihan Distrik (PPD). 

Baca Juga: KPU RI Batal Laksanakan Rekapitulasi Suara Pemilu Provinsi Papua dan Papua Pegunungan Hari Ini

KPU Papua Pegunungan terpaksa menggelar rapat pleno di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua karena KPU Tolikara, kabupaten yang berada di Provinsi Papua Pegunungan melaksanakan pleno di salah satu hotel yang ada di Kabupaten Jayapura.

Menurut Theodorus di tengah kendala yang terjadi rapat pleno KPU Papua Pegunungan selesai dilaksanakan walaupun banyak yang mengajukan keberatan pada Selasa (19/3). 

Meski rekapitulasi tingkat provinsi sudah selesai, Theodorus menhadapi kendala lain yakni tidak adanya jadwal penerbangan Jayapura-Jakarta pada Selasa (19/3) malam. 

"Kami terpaksa menyewa pesawat karena tidak ada penerbangan terjadwal yang melayani Jayapura-Jakarta di malam hari. Saat ini kami sedang bersiap-siap menuju Jakarta menggunakan pesawat milik Trigana yang akan transit di Makassar untuk mengisi bahan bakar," ujar Theodorus, Selasa malam. Dikutip dari Antara

Theodorus menambahkan komisioner KPU Papua juga ikut dalam penerbangan menuju Jakarta menggunakan pesawat sewa.

Baca Juga: Momen Hasyim Asy'ari Penasaran Gegara Ketua KPU Papua Tengah Fasih Berbahasa Jawa

Secara keseluruhan 22 orang penumpang dalam penerbangan Jayapura-Jakarta menggunakan Boeing 737-500. Pesawat berangkat pukul 22.11 WIT dengan transit di Makassar.

"Kami bersama komisioner KPU Papua berangkat dan setibanya di Jakarta akan langsung mengikuti rapat pleno di KPU RI," ujar Theodorus. 

Terpisah Area Manager Trigana Papua Irwan Rohendi menjelaskan pihaknya menyiapkan Boeing 737-500 untuk membawa komisioner KPU Papua Pegunungan dan KPU Papua.

Pesawat berangkat pukul 22.11 WIT dan transit di Makassar dengan awak penumpang berjumlah 22 orang. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x