Kompas TV nasional hukum

4.992 Personel Jaga Pengumuman Rekapitulasi Pemilu 2024, Fadil: Jika Ada yang Ingin Protes Silahkan

Kompas.tv - 19 Maret 2024, 06:15 WIB
4-992-personel-jaga-pengumuman-rekapitulasi-pemilu-2024-fadil-jika-ada-yang-ingin-protes-silahkan
Kabaharkam Polri, Komjen Fadil Imran, saat menghadiri peringatan HUT Samapta Bhayangkara POLRI ke-73 di Lapangan Apel Korps Baharkam Polri Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (14/3/2024). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 4.992 personel Polri disiagakan untuk mengawal keamanan pengumuman resmi hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024.  

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Fadil Imran  menjelaskan pihaknya telah menyiapkan tiga simulasi dalam mengawal keamanan saat KPU RI mengumumkan hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2024.  

Fadil menyatakan simulasi disiapkan untuk merespons eskalasi yang berlangsung. Jika situasinya normal, maka simulasi pun akan diberlakukan secara normal sesuai dengan eskalasi yang terjadi.

"Tapi kalau ada manakala ada peningkatan eskalasi, tentu akan terjadi penambahan-penambahan personel dengan mengedepankan tindakan-tindakan promotif dan preventif," ujarnya di kantor KPU RI, Senin (18/3/2024). 

Fadil menambahkan akan ada sejumlah titik krusial pengamanan yang akan dilakukan.

Baca Juga: Polri Siagakan 4.992 Personel Amankan Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pemilu 2024

Seperti di sekitar kantor KPU RI, Bawaslu RI, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Mahkamah Konstitusi hingga kawasan rumah dinas DPR RI. 

Pengamanan kawasan rumah dinas DPR RI ini disiapkan untuk mengamankan jika nantinya ada masyarakat yang ingin menyampaikan pendapat. 

Pihaknya juga telah mengantisipasi dan menyiapkan langkah persuasif, edukatif dalam pengamanan massa yang ingin menyampaikan pendapat terkait hasil rekapitulasi Pemilu 2024. 

Hal tersebut, sambung Fadil, sesuai instruksi Kapolri Jenderal Pol Lisyo Sigit Prabowo yakni Polri memberikan ruang bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pendapat.

Diharapkan proses menyampaikan pendapat tidak dilakukan dengan cara-cara anarkis yang dapat merugikan semua pihak.

Baca Juga: Rekapitulasi Suara di 128 PPLN Rampung, Prabowo-Gibran Unggul di 66 Kota Luar Negeri, Ini Rinciannya

"Jika ada yang ingin menyampaikan pendapat, ada yang protes silakan. Sepanjang tidak anarkis, kita akan terus memberikan pelayanan terbaik," ujarnya. 

Diketahui batas akhir pengumuman penetapan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 ialah pada Rabu, 20 Maret 2024 mendatang

Adapun 4.992 personel Polri disiagakan merupakan gabungan dari Satuan tugas pusat Mabes Polri dan Satgas daerah yaitu Polda Metro Jaya. 

 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x